5 Pejabat Berhasil Sembuh dari Covid-19, Pertama Menteri dari Kabinet Jokowi

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 16 September 2020 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 337 2278894 5-pejabat-berhasil-sembuh-dari-covid-19-pertama-menteri-dari-kabinet-jokowi-4g5RwF1CHC.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

JAKARTA - Virus corona atau Covid-19 dapat menular ke siapapun, baik ke anak-anak, dewasa, pejabat, orang kaya, dan lain-lain.

Meski begitu bukan berarti penyakit ini tak dapat disembuhkan. Contohnya sejumlah pejabat yang sempat positif terinfeksi, kini sudah sembuh.

Siapa saja pejabat yang berhasil pulih itu, berikut daftarnya sebagaimana dirangkum Okezone pada Rabu (16/9/2020).

1. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya dari kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan pejabat pertama di Indonesia yang terpapar Covid-19. Informasi tersebut disampaikan oleh Wakil Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Brigadir Jenderal TNI dr. A. Budi Sulistya dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan pada Sabtu 14 Maret 2020 lalu.

Menhub Budi kemudian menjalani perawatan selama 17 hari sejak 13 Maret hingga 31 Maret 2020. Selama pengobatan Budi sempat harus menggunakan alat bantu pernafasan atau ventilator. Alhasil pada 24 April Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh total dan dapat kembali bekerja sebagai menteri.

Baca Juga: Berat Badan Menhub Turun 16 Kg Gara-Gara Covid-19

"Berkat semangat dan juga support dari keluarga serta upaya tim dokter penanggung jawab pelayanan. Allah berkenan memberi pemulihan kepada Pak Budi," kata Budi Sulistya, dalam telekonferensi, Senin (27/4/2020) lalu.

2. Wali Kota Bogor Bima Arya

Wali Kota Bogor Bima Arya terkonfirmasi positif Covid-19 setelah petugas RS Bogor Senior Hospital mengeluarkan hasil tes swab yang dilaksanakan pada Selasa 17 Maret 2020. Bima diduga terpapar setelah pulang dari Turki.

Bima kemudian menjalani perawatan selama 22 hari di ruang isolasi RSUD Kota Bogor. Setelah melaksanakan tes beberapa kali dirinya dinyatakan negatif dan diperbolehkan pulang pada Sabtu 11 April 2020.

3. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana juga tak luput dari infeksi virus corona. Yana diketahui positif setelah dirinya mengunggah kabar tersebut di akun sosial media Instagramnya pada 23 Maret 2020.

Selanjutnya ia melakukan isolasi mandiri dan alhamdulillah setelah dilakukan dua kali tes swab, hasilnya menyatakan negatif virus corona.

Baca Juga: Sekda DKI Saefullah Meninggal karena Gagal Pernapasan Akibat Covid-19

"Alhamdulillah setelah sekian lama diisolasi corona Covid-19, hasil swab tes kedua saya dinyatakan negatif," ujar Yana, Jumat (27/3/2020).

4. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana

Lagi-lagi kepala daerah dalam hal ini, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Pengumuman terkonfirmasi Cellica disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 24 Maret 2020 lalu.

Cellica sendiru sempat merasakan kondisi tubuh yang kurang sehat dan mengalami gejala batuk. Ia pun berinisiatif melakukan tes swab dan melakukan isolasi mandiri.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karawang, dr Fitra Hergyana, mengatakan, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana sembuh setelah menjalani perawatan intensif.

"Alhamdulillah, Bupati Karawang yang akrab disapa Teh Celli dan tiga pejabat lainnya, sudah sembuh. Serta negatif dari corona," ujarnya, Senin (13/4/2020) lalu.

5.Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dan suaminya sempat dinyatakan positif Covid-19. Namun kini mereka sudah sembuh.

Hal itu berdasarkan hasil uji swab yang dilakukan tim medis RSUD Abdul Aziz Singkawang pada Kamis (10/9/2020).

"Hasil uji swab sudah keluar, sore tadi. Saya dan bapak (suami) sudah negatif," ujar Tjhai Chui Mie.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini