Ini Penjelasan Satgas Covid-19 Soal Viral Antrean Ambulans di Wisma Atlet

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 16 September 2020 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 337 2278589 ini-penjelasan-satgas-covid-19-soal-viral-antrean-ambulans-di-wisma-atlet-RogfqXtL5r.jpg Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto: BNPB

JAKARTA - Viral video yang memperlihatkan sejumlah mobil ambulans berjejer atau antre di depan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Ambulans tersebut dikabarkan membawa pasien untuk ditangani.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito tak menampik adanya peristiwa itu. Ia menjelaskan antrean itu lantaran ada beberapa pasien yang datang bersamaan.

"Kebetulan ada pasien yang datang pada saat bersamaan," ujar Wiku saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Lebih lanjut, Wiku menegaskan bahwa antrean ambulans yang membawa pasien Covid-19 ke Wisma Atlet hanya berlangsung sebentar. "Itu hanya terjadi sebentar, karena perlu waktu untuk menurunkan pasien," bebernya.

Baca Juga: Heboh Ambulans Jenazah Pasien Covid-19 Dihadang, Pelaku Minta Kejelasan Status

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Brigjen Muhammad Saleh Mustafa menjelaskan, antrean itu karena pintu masuk hanya dibuka satu. "Permasalahan di pintu masuk hanya dibuka satu pintu," ucapnya.

Agar tak terjadi kembali, kata dia, nantinya pintu masuk ke Wisma Atlet akan dibuat dua jalur. Jalur 1 untuk yang menuju tower 6 dan 7 untuk pasien dengan gejala dan jalur 2 untuk pasien tanpa gejala menuju ke tower 5 dan 6.

"Pintu 1 untuk yang tower 6 dan 7 bagi pasien dengan gejala. Pintu 2 untuk Tower 5 bagi pasien OTG/tanpa gejala," tandasnya.

Baca Juga: Viral Antrean Ambulans di RSD Wisma Atlet, Ternyata Angkut Banyak Pasien Covid-19

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini