Menko PMK: Persoalan Stunting Jadi Tantangan dalam Perbaiki Kualitas SDM

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 16 September 2020 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 337 2278489 menko-pmk-persoalan-stunting-jadi-tantangan-dalam-perbaiki-kualitas-sdm-zCyIRvdb8s.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto : Okezone.com/Avirista Midaada)

JAKARTA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, terdapat tantangan dalam membangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul menuju Indonesia maju. Salah satunya adalah persoalan stunting.

Itu sebabnya, lanjut dia, Kemenko PMK memiliki program untuk memperhatikan anak yang masih dalam kandungan agar tercukupi gizi dan kebutuhannya agar kelak menjadi generasi yang unggul.

“Tantangannya adalah jumlah kasus stunting di negara kita ini masih sangat tinggi,” kata Muhadjir dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Selain itu, menurut Muhadjir, dalam menangani stunting di Indonesia terlalu banyak kementerian yang mengurus. Setidaknya ada 17 kementerian yang mengurusi persoalan ini dan menurutnya justru menjadi terbengkalai.

“Bukan hanya itu, yang mengurusi soal stunting terdapat 17 kementerian. Artinya ‘terlalu banyak tangan’ pada akhirnya kurang keurus,” katanya.

Mantan Mendikbud itu menyatakan, dirinya sudah melaporkan persolan ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan begitu terdapat perombakan birokrasi agar kementerian mana yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan stunting ini.

Baca Juga : Dino Patti Djalal Dirawat di RSPAD Gatot Soebroto

“Hal ini sudah saya sampaikan kepada Presiden Jokowi agar dilakukan perombakan birokrasi sehingga jelas kementerian manakah yang paling bertanggung jawab dalam menangani hal ini,” tuturnya.

Baca Juga : Perawat Gugur Tangani Covid-19, Ketua Satgas: Tenaga Kesehatan Benteng Terakhir Bangsa

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini