Tekan Penularan Covid-19, Satgas: Sinergi Antardaerah yang Bersebelahan Perlu Dilakukan

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 15 September 2020 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 337 2278284 tekan-penularan-covid-19-satgas-sinergi-antardaerah-yang-bersebelahan-perlu-dilakukan-DtAWMQ2vgw.jpg Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto: BNPB)

JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menekankan perlunya sinergitas antardaerah yang bersebelahan. Hal ini agar pencegahan penularan Covid-19 dapat dimaksimalkan.

“Kami sampaikan tentang perlunya sinergitas antardaerah terutama yang bersebelahan,” katanya saat konferensi pers di Kantor Presiden, Selasa (15/9/2020).

Dia mencontohkan agar sinergitas antara DKI Jakarta dan daerah penyangga juga perlu ditingkatkan. Hal ini mengingat mobilitas masyarakat antara DKI Jakarta dan warga Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) sangat tinggi.

“Dalam hal ini contoh yang perlu kita perhatikan bersama adalah daerah-daerah penyangga di seputar DKI Jakarta, yakni Bodetabek atau Bogor Depok Tangerang dan Bekasi, baik kota maupun kabupaten. Karena daerah-daerah ini aktivitas masyarakatnya saling memiliki mobilitas tinggi dengan DKI,” ungkapnya.

Baca Juga:  23 Daerah Sudah 3 Pekan di Zona Merah, Satgas Covid-19: Ini Jadi Alarm!

Wiku menilai salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 adalah menekan mobilitas penduduk.

“Maka dari itu, agar pemda betul-betul dapat menekan kasusnya, menekan mobilitas penduduk agar potensi penularannya dapat dicegah. Koordinasi antar pemerintah pusat dan daerah sangat diperlukan secara rutin agar kondisinya dapat terkendali. Dan setiap bantuan yang diperlukan pemda dapat dikerahkan oleh pemerintah pusat maupun juga bantuan kebijakan dan peraturan dari daerah sekitarnya,” pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini