Paripurna V DPR Digelar Terbatas dengan Protokol Covid-19

Kiswondari, Sindonews · Selasa 15 September 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 337 2278149 paripurna-v-dpr-digelar-terbatas-dengan-protokol-covid-19-5huJtlBmuG.jpg Ilustrasi Paripurna DPR RI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melaksanakan Rapat Paripurna V DPR masa persidangan I tahun 2020-2021 pada hari ini, Selasa (15/9/2020) siang. Paripurna ini dilaksanakan dengan kehadiran fisik anggota yang sangat terbatas karena sejak Senin 14 September kemarin, DPR menerapkan protokol Covid-19 yang sangat ketat dengan peserta rapat yang hadir secara fisik maksimal hanya 20% dari kapasitas ruangan.

"Ibu ketua DPR ibu Puan Maharani yang mengikuti secara virtual, bapak Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar yang mengikuti secara virtual. Bapak ibu anggota yang hadir secara fisik dan bapak ibu anggota yang hadir secara virtual, serta para hadirin hadirat yang kami hormati dan kami banggakan," kata Wakil Ketua DPR Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin membuka rapat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

"Bapak ibu sekalian, pertama-tama kami dari emja pimpinan untuk mengajak forum rapat paripurna pada tanggal 15 (September) ini untuk memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas rahmat dan perkenannya maka kita semua dalam kondisi sehat wal afiat," ucapnya.

Baca Juga:  Rapat Paripurna, Puan Maharani Akan Sampaikan Laporan Kinerja DPR

Politikus Partai Golkar ini menjelaskan, bahwa Rapat Paripurna DPR ke-5 masa persidangan I tahun 2020-2021 ini dilaksanakan dengan protokol Covid-19 yang sangat ketat yang dimulai sejak Senin 14 September kemarin.

"Bapak ibu sekalian, berkenaan dengan pengumuman yang mulai tanggal 14 September 2020, kemudian ada pembatasan kehadiran secara fisik, maka pada hari ini kita melakukan protokol Covid pada sidang paripurna yang cukup ketat, yaitu pada paripurna ke-5 pada tanggal 15 September 2020 pada siang hari ini," terang Azis.

Karena itu, Azis membuka rapat tersebut tanpa menyebut jumlah kehadiran anggota secara fisik maupun virtual. "Maka, izinkan kami dari meja pimpinan untuk membuka rapat ini dan kami nyatakan terbuka untuk umum," ujarnya sambil mengetuk palu pembukaan sidang.

Baca Juga:  DPR Sahkan 50 RUU Prolegnas Prioritas Tahun 2020, Ada Omnibus Law

Menurut Azis, agenda Rapat Paripurna DPR hari ini adalah agenda tunggal yakni pengambilan keputusan tingkat II terhadan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pertanggungjawaban APBN Tahun 2019. Hal ini diputuskan dalam rapat konsultasi tanggal 7 Agustus 2020 lalu.

"Berkenaan dengan hal tersebut, agenda kita pada hari ini bisa disetujui," tanya Azis lalu disetujui seluruh anggota.

Dalam rapat tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani juga turut hadir mewakili Presiden Jokowi untuk membacakan tanggapan pemerintah terkait pengesahan RUU Pertanggungjawaban APBN 2019 itu.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini