Banyak Perawat Gugur, Menkes: Bukti Kerja Tenaga Medis Berisiko Tinggi

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 15 September 2020 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 337 2278072 banyak-perawat-gugur-menkes-bukti-kerja-tenaga-medis-berisiko-tinggi-kJhV2yGOYv.jpg Menkes Terawan Agus Putranto (Foto: Fathnur Rohman)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, saat ini semua orang dapat terpapar Covid-19. Termasuk tenaga kesehatan, tenaga medis dan paramedis yang berada di garda terdepan dalam pelayanan kesehatan.

“Saat ini, masih banyak sekali teman, rekan-rekan, sejawat tenaga kesehatan yang sakit ataupun meninggal karena terpapar dan tertular pada saat melakukan penanganan Covid-19. Ini membuktikan bahwa kerja dari rekan-rekan sejawat ini sangat berisiko tinggi hingga bertaruh nyawa, demi raga yang lain,” kata Terawan dalam acara doa bersama bertajuk ‘Doa Perawat untuk Negeri’ yang dilaksanakan secara daring dan diselenggarakan langsung melalui Youtube BNPB, Selasa (15/9/2020).

Baca Juga:  Doni Monardo: Walau Vaksin Ditemukan, Tidak Serta Merta Virus Corona Berakhir 

Terawan mengatakan kunci utama dalam pencegahan penularan Covid-19 adalah disiplin protokol kesehatan. “Kunci utama dalam pencegahan penularan Covid-19 adalah dengan disiplin, disiplin dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Selain itu, Terawan mengingatkan kepada para tenaga medis selalu mempraktekkan protokol kesehatan. “Setiap tindakan mulai dari penjemputan pasien penerimaan di pelaksanaan tindakan atau perawatan sampai dengan pelepasan pasien harus selalu mempraktekkan protokol kesehatan.”

“Juga setelah selesai melakukan pemeriksaan atau tindakan seperti saat berkumpul dengan para sejawat atau saat beristirahat dan makan harus tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” tegas Terawan.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Gelar Doa Bersama untuk Para Perawat Indonesia 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini