Mantan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Dituntut 4 Tahun Penjara

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Senin 14 September 2020 20:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 337 2277711 mantan-bupati-sidoarjo-saiful-ilah-dituntut-4-tahun-penjara-vwQOj2ZRli.jpg Mantan Bupati Sidoarjo Saiful llah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jaksa Penuntut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut mantan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah hukuman 4 tahun pidana penjara dan denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan. Hal itu disampaikan Jaksa kepada Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. 

Jaksa KPK meyakini Saiful terbukti bersalah telah menerima suap terkait sejumlah proyek infrastruktur pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sidoarjo.

"Menyatakan terdakwa Saiful Ilah telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi," ujar Jaksa KPK, Arif Suhermanto saat membacakan tuntutan, Senin (14/9/2020).

Baca Juga: Pelimpahan Tahap 2 Mantan Bupati Sidoarjo

Jaksa juga menuntut Majelis Hakim menjatuhkan hukuman tambahan terhadap Saiful Ilah berupa uang pengganti sebesar Rp600 juta. Uang pengganti tersebut dikurangi barang bukti sebesar Rp350 juta yang telah disita KPK, sehingga total uang yang dibayarkan sebesar Rp250 juta.

Nantinya, bila Saiful Ilah tidak dapat membayar uang pengganti dalam waktu sebulan setelah berkekuatan hukum tetap, maka harta bendanya disita untuk membayar uang pengganti dan jika hartanya tidak mencukupi membayar uang pengganti maka diganti dengan pidana kurungan selama 2 tahun. 

Jaksa dalam menjatuhkan tuntutannya, memiliki mempertimbangkan meringankan. Yakni, Saiful telah berusia lanjut, dan masih ada perkara lain. Sementara untuk hal yang memberatkan, Jaksa menilai perbuatan Saiful tidak mendukung program pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Terdakwa tidak konsisten dalam memberikan keterangan dan berbelit-belit dalam persidangan. Terdakwa tidak menyesali perbuatannya," tambahnya.

Selain Saiful Ilah, Jaksa KPK juga memberikan tuntutan terhadap tiga anak buah Saiful Ilah yang menjadi terdakwa dalam perkara yang sama. Yakni, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo, Sunarti Setyaningsih dituntut hukuman 2 tahun pidana penjara dan denda Rp100 juta subsider 6 bulan kurungan serta uang pengganti Rp225 juta yang telah disita KPK.

Lalu, Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo, Judi Tetrahastoto dituntut 3 tahun pidana penjara dan denda Rp150 juta subsider 6 bulan kurungan serta hukuman tambahan berupa kewajiban membayar uang pengganti sebesar Rp230,7 juta.

Dan, Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan, Sanadjihitu Sangadji dituntut 3 tahun pidana penjara dan denda Rp150 juta subsider 6 bulan kurungan serta hukuman uang pengganti sebesar Rp100 juta subsider 1 tahun penjara.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini