Kaum Milenial Diwanti-wanti Taati Protokol Kesehatan saat Kampanye Pilkada

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 12 September 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 12 337 2276774 kaum-milenial-diwant-wanti-taati-protokol-kesehatan-saat-kampanye-pilkada-zBhcYCBzDn.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Kaum milenial atau anak-anak muda diprediksi bakal banyak yang aktif dalam proses Pilkada 2020. Sebab, jumlah pemilih dari kalangan milenial sendiri saat ini cukup tinggi. Banyak kepala daerah yang juga diprediksi akan menyasar anak muda untuk dijadikan sasaran dalam kampanye.

Namun, tak sedikit juga anak-anak muda yang kerap lupa memperhatikan protokol kesehatan dalam setiap berkegiatan. Menurut Ketua DPP Partai NasDem, Lathifa Al Anshori, setidaknya ada lima kesalahan anak muda yang berkaitan dengan protokol kesehatan, dalam proses Pilkada ini.

"Pertama, lupa cuci tangan 20 detik. Saking semangatnya bantu kandidat angkat-angkat barang atau mendata KTP pendukung, lupa kalau virus Covid-19 bisa menempel di mana saja. Sudah begitu, lupa bawa hand sanitizer. Supaya tangan bisa bersih instan. Ini menjadi kesalahan ke dua. Ingatlah kalau kita sedang melawan virus yang tidak kasat mata," ujar Lathifa dalam keterangan resminya, Sabtu (12/9/2020).

Ketiga, kata Lathifa, banyak anak muda yamg tidak disiplin dalam penggunaan masker. Ia berpandangan kebanyakan anak muda ketika merokok sambil berdiskusi, hanya menempelkan maskernya di dagu. Padahal, gunanya masker yakni untuk menyaring droplet saat berbicara dengan orang lain.

"Ke empat, tidak mengindahkan protokol kesehatan di fasilitas umum dan sosial, seperti di masjid, gereja, dan sebagainya. Padahal, pemerintah sudah mengeluarkan himbauan dan paduan-paduannya," beber Lathifa.

"Terakhir, enggan mengingatkan kandidat untuk patuh terhadap protokol kesehatan selama pandemi ini. Padahal kita juga perlu menjaga kesehatan calon pemimpin di daerah kita juga. Apalagi kalau umurnya rentan terkena virus Covid 19," ucapnya.

Baca Juga : Jurnalis Media Online Alami Doxing Gegara Sebuah Berita

Lathifa mewanti-wanti kalangan milenial untuk selalu menaati protokol kesehatan dalam setiap proses tahapan Pilkada. Tak hanya itu, ia juga meminta agar anak-anak muda seharusnya dapat mengingatkan atau menjadi pelopor informasi terkait protokol kesehatan.

"Ingat Bu Tejo di film Tilik, jadi anak muda itu mbok sing solutip. Kita harus tetap sadar akan bahaya Covid-19 mengingat vaksin Covid-19 sedang proses disempurnakan. Jadi jangan teledor dalam memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Sadar dan sabar itu. Yuk, ajak yang lain untuk patuh protokol kesehatan," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini