Detik-Detik Kabar Wafatnya BJ Habibie Kejutkan Bangsa Indonesia

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 11 September 2020 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 337 2276389 detik-detik-kabar-wafatnya-bj-habibie-kejutkan-bangsa-indonesia-aR2zj91U5Y.jpg BJ Habibie (Foto: Dok Kemenristekdikti)

JAKARTA - Tepat setahun yang lalu, Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) meninggal dunia. Almarhum BJ Habibie meninggal pada 11 September 2019 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pukul 18.05 WIB.

Sore itu, bangsa Indonesia dikejutkan oleh kabar meninggalnya BJ Habibie. Kabar meninggalnya BJ Habibie saat itu, terkonfirmasi oleh cucunya, Melanie Subono. Melanie mengucapkan selamat tinggal untuk eyangnya, BJ Habibie.

Dokter RSPAD Gatot Subroto menyatakan bahwa BJ Habibie meninggal karena gagal jantung. Bapak Teknologi tersebut sempat menjalani perawatan intensif selama hampir dua minggu di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta sebelum meninggal dunia.

Setelah dinyatakan meninggal dunia, Profesor yang ahli dalam merancang pesawat tersebut dibawa ke rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Di rumah duka, karangan bunga untuk Habibie sudah berjajar menandakan banyak masyarakat yang kehilangan sosok bapak bangsa.

Baca Juga: Mengenang 1 Tahun Wafatnya BJ Habibie 

Rumah duka dipadati oleh para pelayat malam itu. Jenazah BJ Habibie disemayamkan satu malam di rumah duka sebelum keesokan harinya dikebumikan.

Keesokan harinya, atau tepat 12 September 2020, pukul 14.00 WIB, BJ Habibie dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Mantan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia tersebut dimakamkan tepat di samping istrinya, Hasri Ainun Besari.

Upacara pemakaman tampak haru dan khidmat. Upacara pemakaman BJ Habibie dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai inspektur upacara.

BJ Habibie merupakan tokoh bangsa yang banyak menorehkan prestasi untuk Indonesia. Ia terkenal sangat cerdas dan romantis. Bahkan, kisah cinta almarhum Habibie dan istrinya sampai dibuatkan film.

Baca Juga:  6 Fakta Prosesi Pemakaman BJ Habibie

BJ Habibie sempat menempuh pendidikan di dalam dan luar negeri. Dari hasil pendidikannya, Habibie memiliki nama dan gelar yang cukup panjang. Jika dituliskan nama lengkap beserta gelarnya, akan menjadi Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie.

Habibie menempuh pendidikan strata satunya di Institute Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat, usai menyelesaikan pendidikan SMA di Gouverments Middlebare School. Dengan mendapat beasiswa dari pemerintah, yang kala itu dipimpin Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno, Habibie muda melanjutkan pendidikannya ke Jerman.

Baca Juga: 21 Kata-Kata BJ Habibie yang Bisa Dijadikan Pelajaran Hidup

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini