MUI Imbau Warga di Zona Merah Covid-19 Tak Sholat Jumat di Masjid

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 11 September 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 337 2275967 mui-imbau-warga-di-zona-merah-covid-19-tak-sholat-jumat-di-masjid-7RxozZ89iy.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembali mengimbau umat Islam yang berada di zona merah untuk melaksanakan ibadah Sholat Jumat dari rumah setelah pandemi Covid-19 semakin mengkhawatirkan.

Imbauan tersebut diterbitkan berdasarkan surat keputusan dengan nomor Kep-1639/DP MUI/IX/2020

"Di daerah yang penyebaran virusnya tidak terkendali umat Islam untuk tidak melaksanakan Sholat Jumat, dan sholat lima waktu berjamaah di masjid dan atau musala," ujar Sekjen MUI, Anwar Abbas dalam keterangannya, Jumat (11/9/2020).

 Baca juga: DKI Kembali PSBB, Ketua MPR: Sudah Pasti Dipertimbangkan Matang, Kita Harus Patuh

Sementara itu, MUI meminta umat Islam untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat saat beribadah di masjid maupun musala untuk daerah yang penyebaran virus corona sudah terkendali.

Anwar pun mengajak umat Islam untuk meningkatkan amal sedekahnya lantaran pandemi Covid-19 berdampak kepada masyarakat luas.

"Terutama kepada tetangga yang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokoknya," ucap dia.

 Baca juga: DKI Jakarta Lakukan PSBB Total, Ini Tanggapan Satgas Covid-19 

MUI juga mengajak para ulama untuk terus mengingatkan kepada jamaahnya untuk terus menaati protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak aman, hingga mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

"Suapaya membaca doa Qunut Nazilah setiap sholat lima waktu agar kita semua terhindar dari wabah corona," tukasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini