Kompas Group: Jakob Oetama Adalah Legenda

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 09 September 2020 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 337 2274918 kompas-group-jakob-oetama-adalah-legenda-8MTW4Alx1I.jpg Jacob Oetama semasa hidup (foto: Arsip Kompas-Gramedia)

JAKARTA - Pendiri Kompas Gramedia sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas, Jakob Oetama meninggal dunia dalam usia 88 tahun, pada pukul 13.05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Tokoh pers nasional kelahiran 27 September 1931 di Desa Jowahan, Borobudur, Jawa Tengah itu dikenal sebagai sosok sederhana yang selalu mengutamakan kejujuran, integritas, rasa syukur, dan humanisme.

"Jakob Oetama adalah legenda, jurnalis sejati yang tidak hanya meninggalkan nama baik, tetapi juga kebanggaan serta nilai-nilai kehidupan bagi Kompas Gramedia," kata Corporate Communication Director Kompas Gramedia, Rusdi Amral dalam keterangannya, Rabu (9/9/2020).

 Baca juga: Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Meninggal Dunia

Di mata karyawan, ia dipandang sebagai pimpinan yang ‘nguwongke’ dan tidak pernah menonjolkan status atau kedudukannya. Ia dikenal berpegang teguh pada nilai Humanisme Transendental yang ditanamkannya sebagai fondasi Kompas Gramedia.

"Beliau teladan dalam profesi wartawan yang turut mengukir sejarah jurnalistik bangsa Indonesia. Walaupun kini beliau telah tiada, nilai dan idealismenya akan tetap hidup dan abadi selamanya,” pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini