Total Ganti Rugi Korban Penyerangan Mapolsek Ciracas Capai Rp596 Juta

Riezky Maulana, iNews · Rabu 09 September 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 337 2274909 total-ganti-rugi-korban-penyerangan-mapolsek-ciracas-capai-rp596-juta-brV09pnaLX.jpg Polsek Ciracas usai diserang oknum TNI (Foto : Okezone.com/Reza)

JAKARTA - TNI telah merampungkan proses pendataan ganti rugi kepada para korban penyerangan dan perusakan Mapolsek Ciracas dan wilayah sekitar Jakarta Timur pada Sabtu (29/8/2020) dini hari. Total kerugian yang telah diganti mencapai Rp596.744.000.

Panglima Kodam Jaya (Pangdam Jaya) MayjenTNI Dudung Abdurachman menuturkan, nonimal kerugian untuk sementara waktu ditanggung oleh petinggi TNI AD yang kemudian akan dilimpahkan kepada para pelaku penyerangan.

"Jumlah ganti rugi yang sudah dibayarkan langsung ke masyarakat, total secara keseluruhan ada Rp596.744.000. Untuk sementara ditanggulangi oleh pimpinan TNI AD ya. Pada dasarnya nanti itu akan dibebankan kepasa para pelaku," tutur Dudung saat konferensi pers di Mapuspomad, Jalam Medan Merdeka Timur, Rabu (9/9/2020).

 Baca juga: 50 Prajurit TNI AD Ditetapkan Tersangka Terkait Kasus Perusakan Polsek Ciracas 

Kemudian, sambung Dudung, setidaknya ada 117 orang yang turut menjadi korban dari kejadian tersebut. Dari jumlah di atas, korban yang mendapatkan penganiayaan fisik sebanyak 23 orang.

"Ini berupa penganiayaan, pembacokan, kemudian ada penusukan dan ada juga masyarakat yang sudah dipukul, dan sudah terkapar masih dilindas pakai sepeda motor," jelasnya.

 Baca juga: Usai Jalani Pemeriksaan Lab, Prada MI Negatif Narkoba 

Lebih lanjut dia menuturkan, total kerugian yang diterima oleh pihak Kepolisian akibat terjadinya pengerusakan mencapai Rp1,63 miliar. Menurutnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana lah yang menanggungnya dan atas kemauan sendiri.

"Khusus kerugian yang mengakibatkan kerusakan materil dari pihak kepolisian jika ditotal itu sekitar Rp 1,63 miliar. Dari pimpinan TNI AD akan mengganti kerugian tersebut. Atas kebijaksanaan Kapolda Metro, untuk kerugiaan materil tidak perlu diganti, dan akan diatasi oleh Kapolda Metro karena menurutnya pada dasarnya TNI-Polri di lingkungan Jakarta tetap solid," katanya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini