Share

Ungkap Penyebab Bapaslon Langgar Protokol Kesehatan, Mendagri: Salah Satunya Ingin Unjuk Kekuatan

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 08 September 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 337 2274477 ungkap-penyebab-bapaslon-langgar-protokol-kesehatan-mendagri-salah-satunya-ingin-unjuk-kekuatan-NriRO0FgSV.jpg Mendagri Tito Karnavian. (Foto : Okezone.com/Avirista Midaada)

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan ada beberapa penyebab banyak pasangan calon yang melanggar aturan protokol kesehatan Covid-19 saat mendaftar sebagai peserta pilkada di KPUD. Salah satunya adalah sempitnya waktu sosialisasi.

“Jadi 24 Juli pembahasan peraturan KPU di DPR. Kemudian baru ditetapkan 31 Agustus dan diundangkan Kumham tanggal 1 September. Sedangkan pendaftaran tanggal 4. September. Artinya waktu sosialisasi sangat mepet sekali 2-3 hari,” katanya usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (8/9/2020).

Dia menduga tidak maksimalnya sosialisasi membuat para kontestan pilkada menggunakan cara-cara lama saat mendaftar ke KPUD. Seperti arak-arakan dan konvoi yang menimbulkan kerumunan massa.

“Kemungkinan ada kontestan yang sosialisasinya belum sampai ke mereka sehingga masih berpikir cara lama,” ujarnya.

Namun mantan Kapolri ini mengatakan, sebenarnya KPU dan Bawaslu juga langsung menyampaikan aturan PKPU tersebut ke jajarannya di daerah. Bahkan Bawaslu di daerah sudah berkirim surat terkait hal ini kepada para partai pengusung pasangan calon.

Karena itu, menurutnya, sebenarnya ada kemungkinan pasangan calon sudah tahu aturan tersebut.

Baca Juga : Ditegur Melanggar Protokol Kesehatan, Kini Bupati Muna Barat Positif Corona

“Sehingga kemungkinan kontestan dan parpol sudah tahu, tapi sengaja ingin show force, unjuk kekuatan sehingga aturan Covid dalam PKPU dilanggar,” tuturnya.

Baca Juga : Bawaslu : Paslon Pelanggar Protokol Kesehatan Dapat Disanksi Pidana

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini