8 September : Hari Aksara Internasional

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 08 September 2020 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 337 2274152 8-september-hari-aksara-internasional-oijzaJwQQN.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Serangkaian peristiwa pernah terjadi pada 8 September dari tahun ke tahun. Beberapa peristiwa yang terjadi pada 8 September lemudian tercatat menjadi bagian penting dari sejarah di dunia.

Okezone merangkum beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 8 September dari tahun ke tahun merujuk berbagai sumber. Peristiwa itu diantaranya ratusan penumpang meninggal akibat kecelakaan pesawat di Florida hingga tercetusnya hari aksara internasional.

Berikut ulasan singkat peristiwa penting pada 8 September hasil rangkuman Okezone :

1. Kecelakaan Pesawat di Florida, 132 Orang Tewas

Sebuah maskapai penerbangan Amerika Serikat, US Airways 427 mengalami kecelakaan hebat di West Palm Beach, Florida, pada 8 September 1994. Akibat kecelakaan pesawat tersebut, sebanyak 132 orang penumpang dinyatakan meninggal dunia.

Awalnya, USAir Penerbangan 427 dijadwalkan terbang dari Bandar Udara Internasional O'Hare Chicago ke Pittsburgh, Pennsylvania, dengan tujuan akhir West Palm Beach, Florida. Kemudian, pesawat mengalami kecelakaan ketika hendak mendarat di West Palm Beach, Florida.

Tanpa sepengetahuan kru, pesawat tiba-tiba berguling-guling ke kiri. Pilot dan ko-pilot pun berusaha mengendalikan pesawat kembali dengan memutar kemudi pesawat ke kanan. Namun, pesawat terus berguling ke kiri. Pesawat pun jatuh setelah beberapa saat.

2. Republik Makedonia Utara Merdeka

Republik Makedonia Utara memproklamirkan kemerdekaannya pada 8 September 1991. Sebelumnya, Makedonia merupakan republik sosialis sejak 8 Maret 1946.

Republik Makedonia Utara adalah negara yang terletak di Semenanjung Balkan, Eropa Selatan. Negara ini berbatasan dengan Serbia dan Kosovo di utara, Albania di barat, Yunani di Selatan, dan Bulgaria di timur.

3. Dul, Anak Ahmad Dhani Alami Kecelakaan Maut

Abdul Qodir Jaelani atau dikenal sebagai Dul/AQJ adalah anak musisi Indonesia Ahmad Dhani. Dul lahir pada 23 Agustus 2000 yang merupakan bass dari grup musik The Lucky Laki.

Pada Minggu, 8 September 2013 dini hari, Dul mengalami kecelakaan maut di Tol Jagorawi bersama seorang rekannya. Mobil yang dikendarai Dul menabrak pembatas jalan dan menghantam minibus.

Akibat kecelakaan ini, 6 orang tewas dan Dul mengalami patah tulang di bagian kaki. Polisi menetapkan Dul sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

4. Hari Aksara Internasional

Hari melek huruf internasional atau yang biasa disebut juga dengan hari aksara internasional/sedunia atau hari literasi internasional, ditetapkan jatuh pada 8 September. 8 September sebagai hari aksara internasional ditetapkan oleh Organisasi Pendidikan Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

UNESCO menetapkan 8 September sebagai hari aksara internasional pada 17 November 1965. Hari aksara ditetapkan sebagai peringatan untuk menjaga pentingnya melek huruf bagi setiap manusia, komunitas, dan masyarakat.

Setiap tahun, UNESCO mengingatkan komunitas internasional untuk selalu dalam kegiatan belajar. Hari Melek Huruf Internasional ini diperingati oleh seluruh negara di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini