Satgas Covid-19 Apresiasi Jam Malam di Depok dan Bogor

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 03 September 2020 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 337 2272318 satgas-covid-19-apresiasi-jam-malam-di-depok-dan-bogor-oPoFE5USXw.jpeg Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto: BNPB)

JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Depok dan Bogor yang menerapkan jam malam. Menurutnya, ini adalah langkah cepat yang perlu dilakukan oleh pemerintah daerah yang penularan Covid-nya tinggi.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Depok dan Bogor yang dengan cepat mengambil langkah dengan menerapkan jam malam di wilayahnya karena penularan yang tinggi. Hal seperti inilah yang harus dilakukan oleh pemda sebagai satgas di tingkat kab/kota atau provinsi agar segera mengambil langkah cepat, agar kondisinya terkendali,” katanya saat konferensi pers di Kantor Presiden, Kamis (3/9/2020).

Baca Juga:   Depok Terapkan Jam Malam Covid-19, Pakar: Harusnya Se-Jabodetabek!

Dia mengatakan, bahwa pada saat membuka aktivitas sosial atau ekonomi selalu melalui tahapan prakondisi, penentuan waktu yang tepat, memilih sektor prioritas, berkoordinasi dengan pusat, dan juga melakukan monitoring/evaluasi.

“Dari monitoring evaluasi yang dilakukan ini dan disikapi dengan cepat oleh pemda adalah cara yang paling tepat untuk betul-betul dapat mengurangi penularan. Jadi, silakan pemda mencari solusi untuk menekan kasusnya di masing-masing daerah,” tuturnya.

Baca Juga:  Jam Operasional Mal di Bogor Kembali Dibatasi, Ini Respons Pengelola

Lebih lanjut Wiku mengatakan beberapa pemda juga telah menindaklanjuti Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang terkait penegakan disiplin protokol kesehatan, termasuk sanksi di dalamnya. Dia meminta agar hal ini benar-benar dilaksanakan dengan disiplin.

“Ini tentunya langsung disikapi oleh beberapa pemda. Dan sampai saat ini sudah ada 26 provinsi yang telah selesaikan Perkadanya. Dan 8 provinsi yang sedang dalam proses penyelesaian. Segera setelah selesai, diterapkan dan ditegakkan kedisiplinan ini agar betul-masyarakat dapat disiplin menjalankan protokol kesehatan,” pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini