Rute yang Ditutup Kembali Dibuka, Penerbangan dari Soetta Naik 17 Persen

Isty Maulidya, Okezone · Kamis 03 September 2020 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 337 2272231 rute-yang-ditutup-kembali-dibuka-penerbangan-dari-soetta-naik-17-persen-dIvIoaCQxM.jpg Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Foto: Isty Maulidya

TANGERANG - Lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Agustus 2020 mengalami peningkatan dibandingkan pada bulan sebelumnya pada masa pandemi virus corona (Covid-19).

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, jumlah penerbangan di Bandara Soetta pada Agustus 2020 mencapai 14.393 atau naik sekitar 17 persen. Sementara jumlah pergerakan penumpang naik 36% menjadi 1,22 juta orang, dan volume angkutan kargo stabil di 38,8 juta kilogram.

"Untuk di Bandara Soetta jumlah pergerakan pesawat naik 17 persen, dan penumpang naik 36 persen. Sementara untuk angkutan kargo masih stabil," jelas Awaluddin pada Kamis (3/9/2020).

Ia mengatakan meningkatnya frekuensi penerbangan disebabkan permintaan masyarakat yang juga mulai membaik. Bahkan ada beberapa rute yang sebelumnya ditutup kini sudah dibuka kembali karena adanya permintaan dari masyarakat.

“Membaiknya permintaan masyarakat membuat frekuensi penerbangan di satu rute bertambah, lalu rute-rute yang sempat ditutup kini kembali aktif kembali. Hal ini tidak lepas dari kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan nasional di tengah pandemi ini,” ujar Awaluddin

Tumbuhnya kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan pada masa pandemi Covid-19 ini diperkirakan karena protokol kesehatan diterapkan secara ketat di seluruh bandara di bawah naungan PT Angkasa Pura II.

Baca Juga: Jokowi: Begitu Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Saya Yakin Bandara YIA Paling Ramai

Baca Juga: Ada Penumpang Positif Covid-19, Gubernur Kalbar Larang Pesawat dari Jakarta dan Surabaya

Fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta sendiri saat ini sudah dirancang khusus dengan fitur touchless. Sementara pesawat yang dioperasikan maskapai juga memiliki filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) guna memastikan sirkulasi udara berjalan baik.

"Kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan ini tumbuh antara lain karena protokol kesehatan yang dijalankan ketat di bandara AP II bersama stakeholder lainnya,” ucapnya.

Sementara itu total penerbangan di seluruh bandara dalam naungan AP II pada Agustus 2020 tercatat 25.041 penerbangan atau naik 17% dibandingkan dengan Juli 2020 yang hanya 21.431 penerbangan.

Sementara itu, jumlah pergerakan penumpang meningkat hingga 38% menjadi 2,10 juta orang dari sebelumnya 1,52 juta orang.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini