Kemenag Mulai Cetak 8.200 Penceramah Bersertifikat

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 02 September 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 337 2271688 kemenag-mulai-cetak-8-200-penceramah-bersertifikat-iwib0ylNtk.jpg Menteri Agama Fachrul Razi (Foto: Doc Kemenag)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan, Kementerian Agama (Kemenag) akan memulai program penceramah bersertifikat bulan ini. Pada tahap pertama akan ada ribuan penceramah bersertifikat dari semua agama yang ada di Indonesia meski menimbulkan polemik, tetap akan melanjutkan program ini.

“Apa yang kami lakukan di Kementerian Agama, kami melakukan program penceramah bersertifikat. Akan kami mulai bulan ini. Tahap awal kami cetak lebih kurang 8.200 orang. Semua agama sukarela. Ada gesekan tidak setuju tidak masalah, kita lanjut,” katanya saat Webinar Strategi Menangkal radikalisme pada Aparatur Sipil Negara (ASN), Rabu (2/9/2020).

Baca Juga:  Menag: Punya Pemikiran Khilafah Tidak Usah Diterima Jadi ASN!

Dalam mencetak pencerah bersertifikat, Kemenag bekerjasama dengan pemimpin majelis-majelis keagamaan. Termasuk juga organisasi masyarakat (ormas) keagamaan, BNPT, BIP, dan Lemhanas.

“Ini semua nanti mudah-mudahan menghasilkan penceramah paling tidak sudah kita bekali dengan banyak hal. Masalah wawasan kebangsaan, Pancasila, dan lain-lain hal sensitif yang harusnya diperjuangkan dan tidak boleh sampai dieliminasi,” ungkapnya.

Fachrul meminta jika program ini telah diumumkan tidak akan diumumkan siapa tokoh agama yang bersertifikat. Namun, dia meminta agar masyarakat mengundang penceramah yang bersertifikat.

“Tolong yang diundang kalau ceramah-ceramah di rumah-rumah ibadah kita khususnya di ASN hanya mereka yang sudah dibekali menjadi penceramah bersertifikat. Mudah-mudahan dengan itu ada sedikit upaya mengeliminasi penyebarannya (paham radikal),” pungkasnya.

Baca Juga: Kemenag Ajukan Tambahan Anggaran Rp3,8 Triliun

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini