Bahas Kesejahteraan Prajurit TNI, Wamenhan: Saya pun Menangis

Kiswondari, Sindonews · Rabu 02 September 2020 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 337 2271534 bahas-kesejahteraan-prajurit-tni-wamenhan-saya-pun-menangis-lUWbkLSvWT.jpg Wamenhan Wahyu Sakti Trenggono (Foto: Okezone/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA – Sejumlah anggota Komisi I DPR banyak menyoroti tentang kesejahteraan pajurit TNI dalam Rapat Kerja Komisi I DPR dengan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait dengan evaluasi anggaran 2019. Bahkan, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) ikut merasakan kesedihan kala membahas kesejahteraan prajurit TNI.

Menanggapi hal itu, Wamenhan Wahyu Sakti Trenggono juga mengaku prihatin atas fakta terkait kesejahreraan prajurit TNI. Namun, pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena besarannya sudah ditentukan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Kesejahteraan prajurit, di Kemhan menjadi suatu keprihatinan, kita juga sedang mencari cara, karena ada ketentuanya, prajurit ditugaskan ke Papua, di Kementerian Keuangan sudah ada standardnya, kita mau lebihkan tidak mungkin karena sudah ada anggarannya,” kata Wamenhan menjawab pertanyaan sejumlah anggota Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Baca Juga: Uang Saku Prajurit TNI Ternyata Hanya Rp15.000 

Saat ditanya lebih lanjut perihal kesejahteraan prajurit, Trenggono tidak bisa menjawab banyak karena banyak isu sensitif di dalamnya yang tidak mungkin ia buka dalam forum rapat terbuka ini.

“Karena rapat terbuka, saya tidak bisa menjawab secara terbuka karena menyangkut hal-hal yang sifatnya sensitif,” ujarnya.

Namun demikian, Trenggono merasakan keprihatinan yang sama dengan Komisi I DPR saat masuk menjadi Wamenhan mendampingi Prabowo Subianto, dan kondisi mengenai kesejahteraan prajurit TNI ini membuatnya menangis.

“Saya setuju saya pun menangis sama seperti bapak, begitu saya masuk ditugaskan presiden membantu Pak Prabowo,” ucap Trenggono.

Menurut Trenggono, Menhan dan dirinya sellau berpikir agar bagaimana TNI sejahtera. Bahkan, ia pun kadang menanyakan pada supirnya yang merupakan prajurit TNI apakah sudah memiliki rumah, dan dia menajwab belum punya. Sementara, dia tidak bisa memberikan rumah karena begitu banyak prajurit TNI yang belum memiliki rumah.

Baca Juga:  Resmikan Monumen Pesawat N250 Gatotkoco, Panglima TNI: Penghargaan Tertinggi BJ Habibie 

Karena itu, dia meminta dukungan Komisi I DPR untuk bisa memperjuangkan kesejahteraan prajurit TNI. “Saya mohon dukungan anggota dewan terhormat berjuang ke pemerintah mencari cara bagaimana prajurit kita, jangan sampai prajurit kita yang lain naik kapal laut, yang lain naik pesawat terbang,” tutup Trenggono.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini