Setelah 2 Kepala Daerah, Giliran Bupati Wakatobi Kena Tegur Mendagri

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 02 September 2020 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 337 2271435 setelah-2-kepala-daerah-giliran-bupati-wakatobi-kena-tegur-mendagri-HMEM4BbcMo.jpg Mendagri Tito Karnavian (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setelah menegur dua Bupati di Sulawesi Tenggara (Sultra), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kembali menegur seorang Bupati. Kali ini, yang kena tegur keras Mendagri adalah Bupati Wakatobi Arhawi.

Teguran keras Mendagri ini dituangkan dalam surat bernomor : 302/4364/OTDA yang ditujukan kepada Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi yang ditandatangani Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik atas nama Mendagri.

"Saudara Arhawi selaku Bupati Wakatobi pada tanggal 9 Agustus 2020 bertempat di Lapangan Merdeka Wangi-Wangi telah melakukan deklarasi sebagai bakal calon kepala daerah di hadapan ribuan masyarakat Wakatobi,” kata Dirjen Otda Akmal Malik dalam siaran persnya, Rabu (2/8/2020).

Baca Juga: Mendagri Tito Karnavian Kembali Berdinas Mulai Besok

“Sehingga dinilai yang bersangkutan telah menimbulkan kerumunan massa dan hal ini bertentangan dengan upaya pemerintah dalam menanggulangi serta memutus rantai penularan wabah Covid," lanjutnya.

Dia mengatakan, sesuai ketentuan Pasal 67 Ayat (1) huruf b UU Pemda ditegaskan bahwa kewajiban kepala daerah dan wakil kepala daerah antara lain menaati seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Maka, berdasarkan fakta-fakta yang ada dan ketentuan yang berlaku, Mendagri meminta Gubernur Sultra sebagai wakil pemerintah pusat untuk memberikan sanksi berupa teguran tertulis kepada Bupati Wakatobi Arhawi. Sanksi diberikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Gubernur Sultra juga diminta untuk melaporkan hasilnya kepada Mendagri pada kesempatan pertama,” paparnya.

Sebelumnya, Bupati Muna Barat Laode Muhammad Rajiun Tumada dan Bupati Rusman Emba juga mendapat teguran keras karena melanggar protokol kesehatan. Baca Juga: Langgar Protokol Kesehatan, Mendagri Tegur Keras Dua Bupati di Sultra

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini