Pakar Kesehatan: Perang Akar Rumput Jadi Kunci Hadapi Pandemi Covid-19

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 01 September 2020 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 337 2270552 pakar-kesehatan-perang-akar-rumput-jadi-kunci-hadapi-pandemi-covid-19-ItlFjgFSMc.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra menyatakan, bahwa perang akar rumput menjadi kunci untuk menang dalam melawan pandemi Covid-19.

Ia menjelaskan, rumah sakit menjadi benteng terakhir dalam penanggulangan pasien terpapar corona. Kemudian, pemerintah harus memperkuat lini depan yakni masyarakat dengan didampingi tenaga kesehatan guna mencegah terpapar Covid-19.

"Tapi kedisplinan itu diutamakan. Tidak perlulah nongkrong-nongkrong di area keramaian. Acara-acara sosial seperti dulu, yang di luar urusan dasar. Ini lah yang kalau mau untuk mengupayakan mencegah jatuhnya korban lagi termasuk dokter," kata Hermawan saat dihubungi Okezone, Selasa (1/9/2020).

 PSBB

"Comunyty base fighting (pertempuran berbasis komunitas) atau perang akar rumput menghadapi Covid-19 itu kuncinya," tambahnya.

Menurut dia, tingginya kasus Covid-19 yang tercatat lebih dari 3.000 perhari di Indonesia dan lebih dari 1.000 kasus perhari di DKI Jakarta karena selama ini pemerintah tak pernah memperkuat akar rumput dalam perang melawan pandemi Covid-19.

"Pertanyaannya itu dilakukan tidak? Ada nggak upaya yang berbasis kelurahan, RT/RW dan lain-lain yang betul-betul mengimbau, hingga membatasi pergerakan masyarakat walaupun harus ada upaya mencari makan, dan mencari nafkah," tandasnya.

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini