Tips Pasien RSD Wisma Atlet Agar Cepat Sembuh dari Covid-19

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 29 Agustus 2020 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 29 337 2269315 tips-pasien-rsd-wisma-atlet-agar-cepat-sembuh-dari-covid-19-z7S01c5iNw.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona (Covid-19) terus mengalami peningkatan setiap harinya. Data terakhir pada Jumat, 28 Agustus 2020, sudah ada 120.900 pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Salah satu pasien yang dinyatakan sembuh yakni, Ali (bukan nama sebenarnya), seorang karyawan swasta di Jakarta.

Ali dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Ia pun membagikan kisah serta kiat-kiat untuk bisa sembuh dari virus corona.

Dikatakannya, selama dirawat di RSD Wisma Atlet, dirinya diberi sekira 5 sampai 7 obat untuk diminum 3 kali sehari. Namun, obat yang diberikan itu bukan yang bisa menyembuhkan dari virus corona. Belum ditemukan obat yang ampuh dan teruji bisa menyembuhkan Covid-19.

Obat yang diberikan RSD Wisma Atlet itu, kata Ali, adalah multivitamin agar imunnya tetap terjaga. Satu-satunya cara bisa sembuh dari virus corona, berdasarkan pengalamannya, yakni dengan meningkatkan daya tahan tubuh atau imun di dalam diri.

"Akhirnya saya baca-baca dan coba praktek dan menemukan cara membentuk imun kita," kata Ali melalui pesan singkatnya, Sabtu (29/8/2020).

Ali membeberkan beberapa cara untuk membentuk imun tetap kuat. Pertama yakni, dengan banyak meminum susu murni. Selama di RSD Wisma Atlet, AS meminum susu murni pada pagi dan malam hari.

"Susu untuk memulihkan imun kita lagi sakit. Biasa saya minum pagi dan malam hari, kenapa pagi, karena imun kita sedang membantu memperbaiki. Lalu kenapa malam, itu saat imun kita meningkatkan saat istirahat," bebernya.

Baca Juga : Peristiwa 29 Agustus : Lahirnya Michael Jackson

Selain itu, Ali juga sering menggunakan Minyak Kayu Putih (MKP) sebagai pembentuk imun. Biasanya, ia mencampur empat hingga enam tetes minyak kayu putih ke dalam segelas teh hangat yang sudah dicampur madu.

"MKP, atau minyak kayu putih. Biasa saya gunakan untuk menghangatkan tubuh dengan cara seperti ambil teh manis hangat (kalo bisa pake madu) , lalu teteskan MKP sekitar 4-6 lalu aduk pelan-pelan," kata Ali.

"Minum pelan-pelan, nanti akan dapat sensasi uap MKP kehidung agar melegakan penciuman dan hangat air teh melegakan tenggorokan. Lalu bisa taruh tetesan MKP di masker agar legakan pernafasan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ali menekankan pentingnya berolahraga di pagi hari. Gunanya, kata AS, untuk melancarkan pernafasan di paru-paru dan mengurangi tingkat stres yang tinggi akibat positif corona.

"Karena kalau saya baca, meningkatkan imun dan antibodi adalah pola hidup dijaga dan tidak boleh stres," katanya.

Ia menambahkan, untuk dapat meningkatkan imun tubuh dengan baik, maka pola tidur harus dijaga. Minimal, orang harus tidur enam hingga delapan jam sehari.

"Ini sudah saya buktikan kepada teman yang baru masuk dan yang sudah lama disana (RSD Wisma Atlet), termasuk keluarga saya yang dikarantina beda RS," katanya.

Dirinya pun berpesan jika ingin sembuh dari virus corona maka kuncinya tidak boleh galau ataupun sedih dan harus selalu bahagia. Agar bisa terbebas dari pikiran negatif, Ali juga menyarankan agar menjauhkan handphone selama menjalani karantina baik mandiri maupun di rumah sakit.

"Trik yang saya lakukan saat saya di karantina adalah tidak menerima telpon dari orang lain, apalagi yang suka menanyakan kok bisa kena covid, terus kejadian bagimana, itu yang malah mengingkatkan dan bikin stress lagi, kemudian imun turun," bebernya.

Ia pun mengingatkan kepada publik, jika ada rekan ataupun orang sekitar kita yang terpapar virus corona, ada baiknya diberikan semangat dan motivasi. Ali berharap tidak ada lagi yang memojokkan pasien Covid-19.

"Dan point bagi yang kena covid, ingat virus corona di indonesia, bukan virus kaya di luar negeri yang bisa mematikan. Sebenarnya mirip flu biasa hanya virus ini sampai saat ini belum terlihat bentuknya tapi mendekati SARS," katanya.

"Jadi pengobatan lebih minum obat flu, multivitamin, istirahat, makan teratur dan tidak boleh stress apapun, untuk meningkatkan imun tubuh dan antibodi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini