KSAD Sebut 155 Perwira Secapa yang Sembuh dari Covid-19 Donor Plasma Darah

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 28 Agustus 2020 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 337 2269253 ksad-sebut-155-perwira-secapa-yang-sembuh-dari-covid-19-donor-plasma-darah-SF6VGdymaT.jpg KSAD Andika Perkasa (Foto : TNI AD)

JAKARTA - Pendonoran plasma perwira mantan Secapa AD kembali dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Kali ini, sumbangan plasma sudah memasuki gelombang ke tujuh dengan jumlah sebanyak 22 orang.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengungkapkan hingga saat ini sudah mencapai 155 orang yang bersedia menyumbangkan plasma darahnya. Dengan begitu, diharapkan mampu memenuhi permintaan untuk pasien Covid-19.

"Dengan jumlah pendonor plasma mencapai 155 orang, diharapkan dapat memenuhi permintaan dan ketersediaan stok plasma Convalescent RSPAD," kata Andika dalam keterangannya, Jumat (28/8/2020).

Andika menjelaskan, para perwira menyumbangkan plasmanya itu dengan ikhlas. Pasalnya, hal itu bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga : Novel Baswedan Positif Covid-19, Pak RT: Kita Juga Takut ke Sana

"Para perwira tulus dan ikhlas dalam menjalani donor plasma. Selain bertujuan untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19, hal ini juga merupakan sebuah nazar para perwira," ujar Andika.

Direktur Pembinaan dan Pengembangan RSPAD Kolonel Ckm dr. Nana Sarnadi menyatakan siapapun yang memenuhi syarat juga bisa melakukan donor plasma demi kepentingan penyembuhan Covid-19.

"Pendonoran ini tidak hanya untuk prajurit ataupun keluarga besar TNI saja, namun bagi masyarakat umum yang memenuhi protokol persyaratan donor plasma dapat mendonorkan juga," ujar Nana.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini