Pakar: Aturan Siaran Berbasis Internet Membentuk Ekosistem Industri yang Tertib

Tim Okezone, Okezone · Kamis 27 Agustus 2020 22:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 337 2268686 pakar-aturan-siaran-berbasis-internet-membentuk-ekosistem-industri-yang-tertib-lfKg97witf.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Indonesia seharusnya sudah memiliki undang-undang yang mengatur siaran berbasis internet atau over-the-top (OTT). Aturan itu akan membentuk ekosistem industri yang tertib.

Pakar Kebijakan dan Legislasi Teknologi Informasi Universitas Padjadjaran (Unpad), Danrivanto Budhijanto menjelaskan, aturan Indonesia belum berlaku dengan proporsional bagi para penyedia aplikasi layanan film atau video virtual.

"Negara tetangga yaitu Singapura telah melakukan revisi legislasinya pada 2018. Saat itu, mereka merespon pelaku penyiaran melalui internet," kata Danrivanto di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Dalam Singapore Broadcasting Act, penyelenggara OTT wajib memiliki izin. Kini di Singapura sudah terbentuk ekosistem industri yang lebih tertib dan masyarakat yang dilindungi oleh negara.

"Singapura sangat pantas berada di posisi nomor kedua dalam IMD World Digital Competitiveness pada 2019. Prestasi itu merupakan fakta kondisi logis dan wajar," paparnya.

Sementara Indonesia berada di peringkat 56 dari 63 negara. Indonesia lebih rendah dibandingkan beberapa negara tetangga di ASEAN lainnya seperti Thailand di posisi 40, dan Malaysia di urutan 26.

Baca Juga : Revisi UU Penyiaran Diperlukan, Roy Suryo: Semua Akses ke Publik Harus Ada Aturannya, Jangan Liar

Danrivanto menegaskan, transformasi digital wajib dilandasi perubahan tata pikir dan perilaku sosial melalui legislasi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tegas memerintahkan jajaran Pemerintah untuk menjadikan pandemi Covid-19 sebagai momentum untuk melakukan percepatan transformasi digital. Selama masa pandemi telah mengubah cara kerja, beraktivitas, berkonsumsi, belajar, menjadi lebih banyak ke online dan digital.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini