Terpilih Aklamasi, Chriswanto Santoso Ditetapkan Sebagai Ketua Umum LDII

Amril Amarullah, Okezone · Selasa 25 Agustus 2020 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 337 2267261 terpilih-aklamasi-chriswanto-santoso-ditetapkan-sebagai-ketua-umum-ldii-ZmWnGSuQ1y.jpg Chriswanto Santoso terpiliha sebagai ketum baru LDII (foto: dokumentasi LDII)

JAKARTA – Ketua DPP LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) Chriswanto Santoso, secara aklamasi terpilih dan ditetapkan sebagai Penjabat (Pj) Ketua Umum melalui Rapimnas secara aklamasi. Penetapan tersebut setelah memperhatikan dukungan 34 DPW LDII se-Indonesia secara bulat.

Alasan mayoritas DPW mendukung Chriswanto Santoso adalah karena pengalaman panjang alumni Newcastle University tersebut dalam menahkodai LDII Jawa Timur sejak 1991. Chriswanto dianggap memiliki integritas moral yang baik serta mampu membangun komunikasi dan jejaring yang luas dengan berbagai elemen bangsa.

Profesor Singgih Tri Sulistiyono, Ketua DPW LDII Provinsi Jawa Tengah dalam sidang paripurna sesi laporan daerah mengatakan, Chriswanto Santoso merupakan salah satu kreator lahirnya delapan klaster bidang pembangunan LDII, merupakan sosok yang tak asing lagi baik dalam internal LDII maupun bagi ormas keagamaan lainnya.

Juga disampaikan oleh Ketua LDII Yogyakarta Dr. H. Wahyudi, MS., bahwa Chriswanto Santoso dipandang mampu memimpin LDII karena memiliki track record kepemimpinan yang mumpuni, serta memiliki karakter yang dibutuhkan organisasi untuk saat ini.

Dukungan tersebut juga tampak pada telekonferensi via zoom perwakilan LDII se-Indonesia seperti dari LDII Kota Surabay, LDII Kota Kediri, LDII Kab. Lahat, LDII Kota Serang, LDII Kota Tangerang, LDII Kab. Cianjur, LDII Kab. Sukoharjo, LDII Kab. Sleman, LDII Kota Bandar Lampung, LDII Kab. Bandung, LDII Kep. Yapen, Papua, LDII Kota Kendari, LDII Kotawaringin Timur, LDII Kab. Tegal, LDII Kab. Hulu Sungai Utara, serta perwakilan LDII lainnya se-Indonesia.

Sementara itu Iskandar Siregar, sebagai perwakilan dari kepengurusan harian DPP LDII mengatakan dengan berkembanganya organisasi akan bersinggungan dengan bermacam-macam dinamika sosial politik, baik secara nasional, lokal, regional bahkan internasional.

"Mempertimbangkan peluang dan tantangan tersebut, DPP mempunyai pemikiran tentang sosok yang dipandang tepat untuk menakhodai dan mewujudkan cita-cita dan tujuan organisasi, memberikan solusi dan kontribusi yang makin nyata untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa.

Usai ditetapkan sebagai PJ Ketum DPP LDII, Chriswanto Santoso mengungkapkan bahwa amanah yang diberikan memberikan arti harus bekerja keras dan meningkatkan apa yang telah dicapai dan dibangun sedemikian baik oleh para pendahulu (LDII) sampai saat ini.

“Tentu pekerjaan ini tidak ringan, Chriswanto tidak bisa melaksankaan sendiri. Bagian penting suksesnya program LDII adalah bentuk kerjasama. DPP LDII artinya kolektif kolegial, bukan miliknya Chriswanto Santoso, bukan milik Sekretaris Umum Dody Taufiq tapi milik kita bersama,” ujarnya.

Terakhir, Chriswanto mengungkapkan bahwa rekan kerja di daerah adalah rekan kerja terbaik, bahkan mungkin lebih baik dari Chriswanto. “Maka mari kita bangun kontribusi nyata dalam rangka membangun Indonesia bangkit dan Indonesia maju. Mari kita kerja keras, mengorbankan diri kita sehingga LDII benar-benar berkontribusi nyata dalam mewujudkan Indonesia bangkit dan Indonesia maju,” tutupnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini