KPU Uji Coba Sistem E-Rekap di Pilkada 2020

Felldy Utama, iNews · Selasa 25 Agustus 2020 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 337 2267008 kpu-uji-coba-sistem-e-rekap-di-pilkada-2020-1oKCxaQB03.jpg Foto: iNews

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan uji coba aplikasi sistem informasi rekapitulasi secara elektronik (Sirekap) yang digunakan di tingkat TPS dalam pemilihan serentak tahun 2020. Uji coba ini dilakukan di ruang sidang utama kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (25/8/2020).

(Baca juga: Evi Novida Ginting Resmi Kembali Bertugas di KPU)

Anggota KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menjelaskan, uji coba hari ini sangat penting dalam rangka persiapan pemungutan penghitungan suara sampai dengan simulasi ini diharapkan sistem yang dikembangkan itu betul-betul dapat diterapkan dengan baik.

"Jadi kendala-kendala yang mungkin muncul dalam uji coba ini dapat membaik," kata Raka dalam acara uji coba tersebut,” ujarnya.

Mantan anggota KPU Provinsi Bali ini berharap uji coba ini bukan pertama dan terakhir. KPU ingin uji coba ini juga bisa dilakukan di sejumlah daerah untuk meyakinkan bahwa sistem ini betul-betul siap dan tidak ada permasalahan pada saat pelaksanaannya nanti.

"Tentu untuk itu semua diperlukan persiapan-persiapan yang matang sehingga tidak kemudian timbul persoalan-persoalan hukum di kemudian hari," ujarnya.

Menurutnya, apabila uji coba aplikasi ini berhasil diterapkan dengan baik, maka hal ini nantinya pada tahapan penghitungan suara diharapkan akan memberikan informasi secara cepat dan akurat kepada masyarakat.

"Juga diharapkan ke depan akan mampu menggantikan sistem rekap berjenjang manual yang selama ini dilakukan,"tandasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini