Amien Rais Disarankan Tetap di PAN dan Beri Contoh Tokoh Partai Lain

Kiswondari, Sindonews · Senin 24 Agustus 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 337 2266569 amien-rais-disarankan-tetap-di-pan-dan-beri-contoh-tokoh-partai-lain-HPC8WO0uQv.jpg Amien Rais (Foto: Okezone)

JAKARTA – Hubungan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dengan Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Dewan Kehormatan (Wanhor) PAN Soetrisno Bachir (SB) masih tegang. Banyak yang memprediksikan Amien Rais akan keluar dari partai yang didirikan oleh dirinya itu dan mendirikan partai baru.

Namun, Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina, Jakarta, Hendri Satrio berpandangan bahwa akan lebih baik jika Amien Rais tetap di PAN. Itu akan membuat Amien meninggalkan legacy atau warisan yang baik di PAN dan juga bagi tokoh partai politik lain yang juga ikut mendirikan partainya terkait regenerasi partai. 

“Saya pribadi pinginnya Amien Rais tetap ada di PAN, itu kan legacy yang bagus. Dan itu kan melakukan hal yang berbeda dengan tokoh-tokoh politik yang mendirikan parpol lainnya,” kata pria yang akrab disapa Hensat itu saat dihubungi SINDO Media, Senin (24/8/2020).

Baca Juga:  Amien Rais dan Eks Kader PAN Targetkan Launching Partai Baru pada Desember 2020

Hendri menilai, selama ini Amien Rais sudah memberi contoh yang baik sebagai pendiri partai sekaligus tokoh politik, dengan cara menjadi ketua umum (Ketum) PAN untuk satu periode saja lalu menyerahkan suksesi kepemimpinan kepada kader PAN. Dan proses itu sudah berjalan dengan baik selama ini.

“Amien Rais mengambil jalur yang lebih tepat, menjadi ketua umum PAN satu periode saja, kemudian menyerahkan kepemimpinan kepada rakyat PAN dan sejauh ini sudah berjalan dengan baik,” terangnya.

Baca Jugag:  Kejagung: Curiga Boleh, Tapi Kalau Tidak Ada Bukti Fitnah

Direktur Eksekutif KedaiKOPI ini juga meyakini bahwa jika Amien Rais tetap di PAN, dia akan tetap menjadi seseorang yang derajatnya tinggi di PAN. Amien juga bisa tetap menjaga marwah partai yang ia bangun selama ini. Dan opsi ini lebih baik ketimbang Amien meninggalkan PAN dan mendirikan partai baru.

“Kalau ada yang tidak sesuai dengan apa yang dia inginkan kan dia sering bilang kalau negara itulah indahnya demokrasi,” pungkas Hensat.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini