Jokowi Minta Pedagang Kecil Bersyukur Masih Bisa Jualan di Tengah Pandemi

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 24 Agustus 2020 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 337 2266538 jokowi-minta-pedagang-kecil-bersyukur-masih-bisa-jualan-di-tengah-pandemi-6W5XZ0JoEa.jpg Presiden Joko Widodo (Foto : Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi memahami kondisi ekonomi pelaku usaha mikro dan kecil yang sangat terpukul akibat pandemi corona.

Namun ia mengingatkan bahwa kondisi macam ini juga dialami oleh pengusaha sedang dan besar. Bahkan, krisis ekonomi juga melanda 215 negara lainnya.

Karena  itu, Jokowi mengingatkan agar para pedagang kecil untuk bersyukur atas kondisi yang ada. Di Indonesia, pengusaha kecil masih bisa berjualan kendati omzetnya turun. Sedangkan di negara lain kondisinya disebut lebih parah.

"215 negara semua mengalami hal sama, kita patut bersyukur bahwa di dalam fakta lapangannya kita masih bisa berjualan walaupun omzetnya turun separo, biasanya omzet sehari Rp1 juta sekarang Rp500 ribu," ujar Jokowi saat meluncurkan Program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Istana Negara, Jakarta, Senin (24/8/2020).

"Biasanya keuntungan 500, tapi sekarang 200, tapi negara-negara lain mengalami hal yang lebih parah dari kita. Ini yang patut dan harus kita syukuri bersama-sama," sambung dia.

Jokowi berujar bahwa pemerintah telah meluncurkan berbagai skema insentif untuk pelaku usaha mikro dan kecil. Mulai dari subsidi bungan, insentif pajak, kredit modal kerja, penempatan dana di perbankan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Amien Rais dan Eks Kader PAN Targetkan Launching Partai Baru pada Desember 2020

Baca Juga : Jokowi: Jika Vaksin Corona Ada, Insya Allah Kehidupan Kembali Normal

Hari ini pemerintah kembali menambah insentif untuk pelaku usaha kecil dan mikro yakni Banpres Produktif. Bantuan ini untuk menambah modal kerja bagi usaha kecil dan mikro.

Sifat bantuan yang diberikan bukan pinjaman atau kredit, melainkan hibah. Oleh sebab itu Jokowi berharap para penerima manfaat dapat mempergunakan bantuan ini sebaik-baiknya.

Banpres Produktif ini juga akan diberikan kepada total 12 juta pelaku usaha kecil dan menengah. Banpres langsung ditransfer ke rekening individu masing-masing.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini