Jokowi Perintahkan Menko Muhadjir "Pelototi" Berbagai Penyaluran Bansos

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 24 Agustus 2020 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 337 2266430 jokowi-perintahkan-menko-muhadjir-pelototi-berbagai-penyaluran-bansos-gVZe1lWM24.png Presiden Joko Widodo (Foto: Setkab.go.id)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy 'pelototi' penyaluran beragam bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak pandemi corona. Apalagi saat ini angka penerima manfaat berbagai bansos tersebut sudah ditambah.

"Sekali lagi untuk skema cash transfer, bantuan langsung ke masyarakat saya minta untuk dipercepat. Pak Menko PMK ini ya, terutama yang berkaitan dengan agar terus dipantau BLT Desa, bansos tunai, BNPT yang sudah ditambah, hari ini ada kan ditambah banpres produktif," ujar Jokowi dalam rapat terbatas 'Penanganan Covid-19' di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (24/8/2020).

Selain itu, Jokowi juga mengimbau jajarannya memantau penyaluran subsidi gaji karena hal ini banyak sekali kendalanya, misalnya saja urusan nomor akun di bank serta data.

"Bantuan untuk subsidi gaji (harus) betul-betul diikuti karena ini yang paling banyak terkendala adalah urusan data, urusan nomor account di bank. Saya kira ini yang agak menghambat kita, sehingga kita harapkan nanti ini di pertengahan Agustus sampai pertengahan September sudah selesai. Sehingga bisa mungungkit growth kita," jelasnya.

Untuk diketahui, pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai kepada karyawan swasta yang bergaji di bawah Rp5 juta. Bantuan tersebut senilai Rp600.000 per bulan selama empat bulan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini