Kunjungan ke Aplikasi Telemedicine Melonjak 600 Persen saat Pandemi

Fahreza Rizky, Okezone · Sabtu 22 Agustus 2020 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 22 337 2265728 kunjungan-ke-aplikasi-telemedicine-melonjak-600-persen-saat-pandemi-JDVnstm37C.jpg ilustrasi: freepik

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebut terjadi lonjakan kunjungan ke aplikasi temedicine selama pandemi corona. Tak tanggung-tanggung, angkanya mencapai 600 persen.

(Baca juga: Menkes Siapkan Program Telemedicine, Berobat Tanpa Harus Tatap Muka)

Hal tersebut diucapkan Johnny saat membuka acara diskusi publik bertajuk 'Telemedicine untuk Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan." Acara tersebut dihelat oleh Kemenkominfo.

"Data menunjukan bahwa 44 persen responden mereka beralih dari konsultasi tatap muka fisik ke konsultasi daring menurut penelitian McKinsey di 2020. Selain itu terjadi lonjakan kunjungan ke aplikasi telemedis 600 persen selama masa pandemi, berdasarkan Katadata 2020," ujar Johnny, Sabtu (22/8/2020).

Menurut dia, kebiasaan baru di bidang kesehatan akan menjadi faktor untuk mempercepat akselerasi transformasi digital. Hal inilah yang menurut Presiden Joko Widodo tidak boleh dilewatkan.

"Momentum yang menurut arahan bapak Presiden Jokowi tidak boleh dilewatkan dan justru harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," imbuh dia.

Dia menjelaskan, pemanfaatan teknologi informasi dalam layanan kesehatan harus terus dikembangkan.

โ€œDengan adanya telemedicine, pasien dapat berkonsultasi dengan dokter tanpa harus bertatap muka. Akhirnya, angka penularan corona dapat ditekan,โ€ pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini