Putus Penyebaran Covid-19, JK: Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 21 Agustus 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 337 2265426 putus-penyebaran-covid-19-jk-mencegah-lebih-baik-daripada-mengobati-jSyCXqNieu.jpg Jusuf Kalla. (Foto : Okezone.com/Fahreza Rizky)

JAKARTA – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat Jusuf Kalla atau JK mengungkapkan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 atau virus corona, strategi paling baik adalah mencegah daripada mengobati.

Hal itu disampaikan JK saat menjadi narasumber dalam Webinar Nasional Universitas Esa Unggul bertajuk 'Kolaborasi Hingga ke Akar Rumput Mencegah Penularan Virus Covid-19, Jumat (21/8/2020).

"Kalau kita lihat saya selalu berbicara di tengah dunia kesehatan kita ikut saja pola yang selalu diucapkan di dunia kesehatan lebih baik mencegah daripada mengobati. Ini masalah Covid-19 ini seperti selalu saya katakan ya bisa dilakukan tiga hal pencegahan, intervensi kemudian mengobati," kata JK.

Mantan Wakil Presiden RI itu menyatakan, pencegahan virus corona dapat dilakukan dengan penggunaan masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan.

Kemudian melakukan intervensi salah satu caranya adalah dengan melakukan proses sterilisasi dengan cara penyemprotan disinfektan di area-area publik yang memiliki mobilitas tinggi.

"Ketiga ya perawatan. Setelah dites perawatan bisa jadi sebenarnya kalau perawatan suatu upaya apabila dua ini enggak berhasil. Kalau banyak orang tak pakai masker kemungkinan banyak orang sakit," ujar JK.

Baca Juga : Update Corona 21 Agustus 2020: Positif 149.408 Orang, 102.991 Sembuh & 6.500 Meninggal

Menurut JK, pandemi virus corona akan berakhir jika vaksin dapat segera ditemukan. "Kita yakin bahwa pada waktunya tentu juga ini selesai kalau vaksin sudah ada," tutur JK.

Baca Juga : 3 Provinsi Nihil Kasus Positif Covid-19 Hari Ini

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini