Saat Menteri Basuki Ngejam Bareng Iwan Fals

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 21 Agustus 2020 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 337 2265414 saat-menteri-basuki-ngejam-bareng-iwan-fals-8fv4kiFwBy.jpg Tangkapan Layar YouTube KemenPUPR

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono 'ngejam' bareng musisi papan atas Iwan Fals. Kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Kolaborasi keduanya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI.

"Akhirnya cita-cita saya tercapai (ngejam bareng Iwan Fals). Udah lama saya pengen," ucap Basuki dikutip dari akun YouTube Kementerian PUPR, Jumat (20/8/2020).

Iwan lalu membincangkan kiprah Mantan Wakil Presiden RI Mohammad Hatta dalam konteks perjalanan bangsa. Ternyata, ia baru mengetahui bahwa Bung Hatta adalah bapak perumahan Indonesia di samping sebagai proklamator.

Basuki yang merupakan Menteri PUPR pun mengamini bahwa Bung Hatta merupakan figur yang sangat berjasa dalam pembangunan perumahan di Indonesia.

Di sela-sela perbincangan, Iwan lalu menyanyikan lagunya yang berjudul 'Bung Hatta.' Basuki sangat menikmati alunan musik yang dibawakan musisi kawakan Tanah Air tersebut.

Usai menyanyikan lagu Bung Hatta, Iwan mengatakan bahwa Basuki sangat menyukai lagunya yang berjudul "Ku Menanti Seorang Kekasih." Basuki pun mengamininya. "Itu pertama kali saya mendengarkan lagunya Mas Iwan," imbuhnya.

Akhirnya, keduanya menyanyikan lagu tersebut. Iwan tampak memainkan gitar, sedangkan Basuki bernyanyi. Keduanya pun berkolaborasi dalam alunan lagu ini.

Tak berhenti sampai di situ, Iwan kemudian mengajak Basuki ke studio bandnya. Di sana Basuki bermain drum, sedangkan Iwan dan anaknya mengiringi dengan memainkan gitar dan bass. Adapun kali ini lagu yang dibawakan berjudul "Hio" karya Iwan Fals dan Sawung Jabo.

Sebelum lagu "Hio" dibawakan, Basuki berpesan bahwa kolaborasi dirinya dan Iwan Fals ditujukan untuk memperingati HUT ke-75 RI di tengah pandemi corona. Menurut Basuki banyak lirik dalam lagu Iwan Fals yang memiliki pesan moral. Ia berharap generasi muda Kementerian PUPR dapat mengambil hikmahnya.

"Mas Iwan kalau boleh saya kasih pesan dulu. Rekan-rekan saya terutama anak-anak muda PU. Jadi keluarga besar PUPR terutama generasi mudanya, kita akan peringati 17 Agustusan , dalam prihatin pandemi, jadi kami dan mas Iwan merayakan 17-an dalam kondisi pandemi, ini tidak hanya kita bersenang-senang, tapi juga ada pesan moral," jelas Basuki.

"Lagu pertama tadi Bung Hatta misalnya itu pesan moral untuk diteladani, khusususnya beliau sebagai bapak perumahan Indonesia. Kedua, (lagu) Ku Menanti Seorang Kekasih, kalau menurut mas Iwan menanti vaksin. Terakhir menyanyi lagu Hio, dengarkan baik-baik pesan moral dari syairnya. Dikarang oleh Sawung Jabo. Ini saya kira cocok buat kita agar kita amanah," tambahnya.

Iwan pun mengatakan bahwa lagi Hio memiliki pesan moral agar setiap insan bisa bersikap sederhana, jujur, dan lain sebagainya. "Pesan saya simak Pak Basuki main drum," ujar Iwan seraya tertawa.

Setelah pesan pembuka diucapkan, akhirnya Iwan, Basuki beserta anak-anaknya 'ngejam' bareng membawakan lagu Hio. Dalam kesempatan ini, Basuki sangat mahir memainkan drum sehingga lagu ini berjalan lancar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini