Pasien Sembuh Covid-19 Bisa Terpapar Virus Corona Lagi

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 19 Agustus 2020 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 337 2264203 pasien-sembuh-covid-19-bisa-terpapar-virus-corona-lagi-6uXzGVRHmW.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

 JAKARTA - Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito memastikan bahwa pasien yang sudah sembuh dari virus corona (Covid-19), bisa terpapar kembali. Kejadian itu, kata Wiku, sudah pernah terjadi.

"Jadi apakah bisa terpapar? Bisa. Bisa terinfeksi lagi? Bisa juga, karena ada laporannya begitu," kata Wiku, Rabu (19/8/2020).

Wiku menjelaskan, pasien positif corona yang sudah sembuh bisa terpapar lagi jika antibodinya tidak cukup kuat. Antibodi terbentuk ketika pernah terinfeksi sebuah virus.

Antibodi yang sudah terbentuk itu akan melawan virus jika suatu waktu masuk kembali ke dalam tubuh. Namun, jika antibodinya tidak cukup tinggi, maka orang tersebut berpeluang terpapar kembali.

"Nah kapan itu enggak terlalu tinggi antibodinya? Ya kalau dia kondisinya engga bagus, atau waktu terinfeksi dulu dia pembentukan antibodinya engga penuh, otomatiskan konsentrasi antibodinya engga tinggi. Sehingga, kalau dia terinfeksi lagi, sedang dalam kondisi tidak bugar atau fit, potensi tertular lagi ya ada," bebernya.

Baca Juga : Bripda Pol Carolina, Polwan Cantik MC Utama HUT RI di Istana Negara

Wiku pun mengingatkan agar masyarakat tetap berperilaku hidup sehat baik yang sudah pernah terinfeksi virus corona ataupun belum. Serta, tetap mengikuti protokol kesehatan. "Maka dari itu prinsipnya berperilaku hidup sehat, makan sehat, istirahat cukup, olahraga cukup," tuturnya. (aky)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini