Upacara Virtual HUT Ke-75 RI di Istana Pecahkan Rekor Dunia

Dita Angga R, Sindonews · Senin 17 Agustus 2020 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 337 2263501 upacara-virtual-hut-ke-75-ri-di-istana-pecahkan-rekor-dunia-AdEqYN9XFP.jpg Upacara HUT Ke-75 RI di Istana Negara, Senin (17/8/2020). (Tangkapan layar Youtube Setwapres)

JAKARTA – Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) pada tahun ini digelar secara virtual. Hanya undangan terbatas yang dapat mengikuti upacara langsung di Halaman Istana Merdeka.

Sementara yang tidak diundang baik mantan presiden maupun wakil presiden (wapres) mengikuti upacara secara virtual. Tak hanya itu, Istana juga mengundang masyarakat untuk ikut dalam upacara virtual tersebut dengan menyebarkan undangan sebanyak 17.845.

Upacara yang digelar pagi tadi ternyata memecahkan rekor dunia. Hal ini disampaikan langsung oleh Pendiri Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Jaya Suprana.

“Ini bukan hanya sekadar rekor Indonesia tapi dunia. Karena belum pernah ada penyelenggaraan upacara kemerdekaan di manapun negara lain yang diselenggarakan secara daring. Ini yang pertama,” katanya, Senin (17/8/2020).

Upacara Virtual HUT Ke-75 RI di Istana Pecahkan Rekor Dunia (sindonews)

Dia mengatakan, upacara yang digelar pemerintah itu memecahkan rekor karena diikuti peserta daring terbanyak.

“Mewakili Museum Rekor Dunia Indonesia untuk menganugerahkan suatu rekor yang istimewa sekali. Karena rekor ini belum pernah terjadi di persada Nusantara yaitu Upacara Peringatan HUT RI secara daring oleh peserta terbanyak sekaligus yang pertama dilakukan dalam sejarah,” ujarnya.

Piagam penghargaan itu diterima langsung Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono. Heru mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diterimanya.

Baca Juga : Pertama Kalinya Paduan Suara Virtual Hadir di Upacara HUT Ke-75 RI

“Pak Jaya Suprana kami jajaran Sekretariat Presiden mengucapkan terima kasih. Tentunya ini kebanggaan buat kita semua. Di sini ada 60 sampai 70 putra-putri yang kami pilih untuk menjadi host atapun MC memandu acara kenaikan benderan maupun penurunan bendera secara daring,” tuturnya.

Baca Juga : Sederet Pesan Para Mantan Presiden dan Wapres di HUT ke-75 RI

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini