Sisi Lain Istana saat Perayaan Kemerdekaan RI di Tengah Pandemi

Dita Angga R, Sindonews · Senin 17 Agustus 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 337 2263317 sisi-lain-istana-saat-perayaan-kemerdekaan-ri-di-tengah-pandemi-Nqp5eZz7ui.jpg Tangkapan Layar Tv

JAKARTA- Setiap tanggal 17 Agustus, peringatan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di halaman Istana Merdeka sudah mulai ramai sejak pagi. Namun pada tahun ini, halaman Istana Merdeka terlihat lengang.

Tidak ada lagi kegiatan seni budaya jelang upacara detik-detik proklamasi. Pasalnya kegiatan seni budaya telah berpindah ke televisi ataupun media virtual.

(Baca juga: Presiden Jokowi Kenakan Baju Timor Tengah Selatan, Ini Filosofinya)

Bahkan, ruang tunggu mantan presiden dan wakil presiden (wapres) juga terlihat kosong. Pemandangan situasi HUT RI di Istana Merdeka kali ini memang jauh ber berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Tentunya dari konsep terlihat sederhana sekali. Biasanya pada pukul 09.00 WIB sudah ramai oleh kegiatan seni budaya di halaman Istana Merdeka,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Senin (17/8/2020).

“Tapi ini dipindahkan ke televisi atau ke ruang virtual. Biasanya ratusan peserta mengikuti upacara. Sekarang hanya 20 orang saja. Di mimbar kehormatan hanya 14 orang saja,” sambungnya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah harus menyesuaikan kegiatan tahunan ini sesuai dengan protokol kesehatan.

Dia juga memastikan bahwa yang hadir di Istana Merdeka telah menjalani swab test untuk mencegah penularan virus Corona. Meski tak semeriah biasanya, dia berharap upacara kali ini tetap berjalan hikmat. “Kami yakin acara tetap hikmat,” tutup Bey.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini