Share

Presiden Jokowi Kenakan Baju Timor Tengah Selatan, Ini Filosofinya

Dita Angga R, Sindonews · Senin 17 Agustus 2020 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 337 2263295 presiden-jokowi-kenakan-baju-timor-tengah-selatan-ini-filosofinya-CsQ2wLy7pu.jpg Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA - Salah satu yang tidak berubah pada upacara peringatan HUT RI ke-75 adalah tradisi mengenakan pakaian adat nusantara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap mengenakan tradisi memakai pakaian adat meski upacara peringatan HUT RI dilakukan secara terbatas karena adanya pandemi Covid-19.

(Baca juga: Tim Sabang Kibarkan Merah Putih di Istana Merdeka)

ist

Informasi yang diterima Okezone, Senin (17/8/2020), kain yang dikenakan Jokowi bermotif kaif berantai nunkolo. Motif sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batañg tengah yang berarti sumber air dan bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah yg berbukit dan berkelok-kelok.

Sementara warna merah melambangkan keberanian laki-laki-laki nunkolo. Aksesoris selain menambah indah kain tenun ada makna kegunaan praktis. Dester (ikat kepala) atau Pilu ada 3 jenis Yi U Raja berbentuk 2 tanduk kecil yang artinya fungsi Raja yang melindungi.

Ikat di kepala sebagai penutup kepala sebagai pelindung yang menjadi tanda kebesaran Raja sebagai Mahkota. Tas sirih pinang dan kapur Budaya makan sirih pinang sebagai budaya pemersatu atau persatuan dan juga melambangkan tanda kasih dan hormat, maka kemanàpun selalu membáwa tas sirih pinang.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini