HUT 75 RI, Paralayang Indonesia Bakal Kibarkan Merah Putih di Atas Langit

Arie Dwi Satrio, Okezone · Minggu 16 Agustus 2020 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 337 2263084 hut-75-ri-paralayang-indonesia-bakal-kibarkan-merah-putih-di-atas-langit-0O6MClu7ux.jpeg

JAKARTA - Paragliding Trip of Indonesia (TROI) Foundation bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Paramotor bakal mencatatkan sebuah rekor pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI). Pencatatan rekor tersebut yakni dengan mengibarkan bendera sang saka Merah Putih di langit Indonesia oleh paralayang.

Ketua Umum TROI Foundation, Wahyu Yudha mengatakan, pihaknya berencana mengukir sejarah dengan mencatatkan rekor MURI dalam kategori pengibaran bendera Merah Putih paling tinggi menggunakan Paramotor. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2020, di Lanud Atang Sanjaya, Bogor, oleh delapan atlet paramotor Indonesia.

Adapun, kedelapan Atlit Paramotor ini adalah Wahyu Yudha (Ketua TROI Foundation), Cahyo Alkantana (Ketua Paramotor Indonesia 2018-2022), Puja Laksana (Ketua Paramotor Indonesia tahun 2014-2018), Arlen (Atlit), Denys (Atlit), Karuna Murdaya (Atlit), TU Bukit (TNI-AU), dan Mendrofa (TNI-AU).

Menurut Wahyu, kegiatan ini dilakukan selain untuk rekor MURI, juga sebagai simbol dibukanya kembali sektor olahraga rekreasi yang menjadi bagian dari pariwisata di Indonesia.

BACA JUGA: Besok, Teks Proklamasi Tulisan Tangan Soekarno Bakal Ditampilkan di Istana Merdeka

"Pengibaran Bendera Merah Putih di atas Langit Nusantara besok, akan menjadi catatan sejarah, karena tidak pernah ada pengibaran merah putih yang dilakukan dengan menggunakan paramotor sebelumnya," ujar Wahyu melalui keterangan resminya, Minggu (16/8/2020).

"Ini adalah catatan rekor MURI baru. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai simbol dibukanya kembali Wisata Olahraga (Sport Tourism) di Indonesia, sejalan dengan dibukanya kembali sektor pariwisata oleh Pemerintah Indonesia, dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)," sambungnya.

BACA JUGA: Istana: Upacara HUT Kemerdekaan Ke-75 RI Akan Disiplin Protokol Kesehatan

Konsep dari kegiatan MURI besok, dibeberkan Wahyu, yakni para atlit paramotor ini akan melakukan pengibaran bendera dengan ukuran (panjang) 17 feet, dilakukan oleh delapan orang atlet paramotor, di ketinggian 2020 meter.

Menurut Wahyu, kegiatan ini belum ada sebelumnya, tidak hanya di Indonesia, namun juga di dunia. Karenanya, kegiatan ini juga berpotensi untuk menjadi rekor dunia (National World Record) yang akan dicatatkan di MURI.

"Saat ini kami melakukan seleksi yang ketat terhadap atlit yang terlibat dalam kegiatan MURI Paramotor ini. Tidak hanya sehat personilnya, namun juga sehat mesin paramotornya, mengingat untuk mencatatkan rekor MURI ini, tidaklah mudah dan penuh perjuanganā€¯, ujar Marsma TNI Basuki Rochmat, selaku Sekretaris Jenderal Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Kegiatan ini sendiri didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Kementerian Koordinator Bidang Maritim & Investasi (Kemenkomarves), dan juga TNI-AU selaku Pengurus Besar Federasi Aero Sport Indonesia (PB-FASI).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini