Pidato Kenegaraan, Jokowi Apresiasi MK yang Mampu Pangkas Waktu Penuntasan Perkara

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 14 Agustus 2020 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 337 2262111 pidato-kenegaraan-jokowi-apresiasi-mk-yang-mampu-pangkas-waktu-penuntasan-perkara-sT6UfUGcFx.jpg

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraannya di Gedung DPR-MPR RI memberikan apresiasi terhadap kerja Mahkamah Konstitusi (MK).

Dia mengatakan MK berhasil melakukan penataan teknis kerja yang lebih memudahkan masyarakat.

“Kecepatan dan kecermatan Mahkamah Konstitusi juga sangat patut untuk kita apresiasi. MK juga terus memperbaiki tata kelola dan meningkatkan pemanfaatan layanan elektronik untuk melayani masyarakat dalam mencari keadilan,” ujar Jokowi saat berpidato, Jumat (14/8/2020).

Dia menyebut MK juga berhasil memangkas waktu penyelesaian perkara, dari yang sebelumnya 101 hari menjadi 59 hari per perkara.

“MK telah berhasil mempercepat jangka waktu penyelesaian perkara pengujian undang-undang dari waktu penyelesaian 101 hari kerja per perkara di 2017 menjadi rata-rata 59 hari kerja per perkara. Sepanjang tahun 2019 hingga awal tahun 2020, MK telah menyelesaikan 122 perkara pengujian undang-undang,” ungkapnya.

Baca Juga: HUT Ke-75 RI, Ini Naskah Lengkap Pidato Kenegaraan Joko Widodo

Jokowi juga mengatakan bahwa MK terus memperluas kerja sama di dalam dan di luar negeri.

“MK aktif menginisiasi dan mengkoordinasi berbagai kegiatan di tingkat regional maupun global agar sistem hukum kita dijadikan rujukan bagi negara-negara demokrasi di berbagai penjuru dunia,” pungkasnya. Dita angga

Baca Juga:  Presiden Jokowi Puji Perjuangan Tenaga Medis Tangani Covid-19

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini