Presiden Jokowi Puji Perjuangan Tenaga Medis Tangani Covid-19

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 14 Agustus 2020 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 337 2262088 presiden-jokowi-puji-perjuangan-tenaga-medis-tangani-covid-19-ZTG14GJv9A.jpg Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA -Presiden RI Joko Widodo berpidato pada Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR-RI dan DPD-RI Tahun 2020. Sidang Tahunan tersebut dihelat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

(Baca juga: Pidato Tahunan, Jokowi: Jangan Merasa Paling Benar, Agamis dan Pancasilais!)

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan bahwa perjuangan untuk menghambat penyebaran virus Corona (Covid-19) sudah luar biasa dilakukan oleh pemerintah dan stake holder lainnya.

Jokowi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang berjuang untuk penanganan pandemi corona, mulai dari dokter, perawat, petugas rumah sakit, laboratorium, klinik kesehatan, dan petugas di rumah isolasi.

"(Kemudian) kepada tokoh masyarakat, para relawan, awak media, aparat TNI dan Polri, serta para ASN di pusat dan di daerah," jelasnya.

Jokowi ingin pandemi corona menjadi momentum reformasi fundamental sektor kesehatan. Oleh karena itu, agenda besar ini harus benar-benar dipercepat.

"Dengan peristiwa pandemi ini, maka reformasi fundamental di sektor kesehatan harus kita percepat. Orientasi pada pencegahan penyakit dan pola hidup sehat harus diutamakan," jelasnya.

"Penguatan kapasitas SDM, pengembangan rumah sakit dan balai kesehatan, serta industri obat dan alat kesehatan harus diprioritaskan,” ujarnya.

“Ketahanan dan kapasitas pelayanan kesehatan harus kita tingkatkan secara besar-besaran," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Presiden Joko Widodo memberikan bintang tanda jasa kepada 22 tenaga kesehatan yang gugur saat menangani virus Corona (Covid-19). Upacara penganugerahan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/8).

Penghargaan ini merupakan bentuk duka sekaligus penghormatan negara atas perjuangan tenaga medis dalam berperang melawan Covid-19 di seluruh Indonesia.

Sebanyak 9 tenaga medis mendapatkan Bintang Jasa Pratama dan 13 lainnya mendapat Bintang Jasa Nararya. Penganugerahan bintang tanda jasa tersebut diberikan ke perwakilan keluarga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini