Tak Terima Ditegur, Anak Amien Rais dan Wakil Ketua KPK Ribut di Pesawat

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 14 Agustus 2020 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 337 2262050 tak-terima-ditegur-anak-amien-rais-dan-wakil-ketua-kpk-ribut-di-pesawat-jVcWuaSgYZ.jpg Ahmad Mumtaz Rais (Foto Instagram/@mumtazrais)

JAKARTA - Seorang pria yang diduga putra dari Amien Rais, Ahmad Mumtaz Raiz terlibat keributan dengan Wakil Ketua KPK Nawawi Pamolango pada Rabu 13 Agustus 2020.

Insiden itu bermula ketika keduanya menaiki pesawat yang sama yakni kelas bisnis Garuda Indonesia GA 643 dengan rute Gorontalo-Makassar-Jakarta.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra membenarkan adanya peristiwa tersebut. Ia menjelaskan saat itu pesawat tengah boarding dan mengisi bahan bakar atau refuiling sementara Mumtaz tengah sibuk memainkan teleponnya.

"Sesuai aturan keselamatan penerbangan, awak kabin telah menyampaikan reminder kepada penumpang sebanyak tiga kali. Namun demikian penumpang yang dimaksud tetap tidak mengindahkan pemberitahuan tersebut serta menyampaikan teguran terhadap awak kabin yang bermaksud mengingatkan," kata Irfan dalam keterangan resminya, Jumat (14/8/2020).

Tak terima ditegur, Mumtaz justru marah kepada petugas. Sementara Nawawi yang melihat peristiwa tersebut kemudian menegur Mumtaz namun tetap tidak diindahkan malah memarahi Nawawi.

"Hal tersebut mengakibatkan penumpang lain (Nawawi Pamolango) yang juga duduk di kelas bisnis turut menegur penumpang bersangkutan sehingga terjadi adu argumen antar penumpang," ungkapnya.

Baca Juga : Mengenal Baju Adat Suku Sabu NTT yang Dipakai Jokowi di Sidang Tahunan 2020

Baca Juga : Protokol Kesehatan di Sidang Tahunan, Para Menteri Saling Tos Pakai Siku

Mereka pun terlibat keributan didalam pesawat. Puncaknya Nawawi kemudian melaporkan peristiwa tersebut pihak kepolisian bandara.

"Adapun atas laporan salah satu penumpang yang terlibat adu argumen, kejadian tersebut saat ini tengah ditangani oleh pihak berwajib," tambah Irfan.

Irfan mengatakan, pihaknya akan menghormati proses hukum yang dilayangkan oleh Nawawi Pamolango. Pihaknya juga akan mendukung penuh setiap upaya awak kabin yang menjalankan tugasnya sesuai standar oprasional prosedur.

"Garuda Indonesia memastikan akan memberikan dukungan penuh terhadap awak kabin yang mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan khususnya ketika berupaya menerapkan aturan keselamatan penerbangan terhadap penumpang," tutur Irfan.

"Garuda Indonesia tidak akan memberikan toleransi terhadap pihak pihak yang kedapatan dengan sengaja melanggar aturan keselamatan penerbangan," sambungnya.

Irfan juga mengapresiasi upaya Nawawi yang turut serta menegakkan aturan maskapai penerbangan dalam hal ini Garuda Indonesia.

"Kami meyakini komitmen penerapan safety pada operasional penerbangan dapat berjalan dengan optimal dengan adanya dukungan dan peran serta seluruh penumpang dalam mematuhi aturan keselamatan penerbangan yang berlaku," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini