Acara Sidang Tahunan MPR-Presiden Besok Dipersingkat

Kiswondari, Sindonews · Kamis 13 Agustus 2020 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 337 2261615 acara-sidang-tahunan-mpr-presiden-besok-dipersingkat-UUxNFP4wKv.JPG Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad (Foto: Okezone)

JAKARTA - DPR membenarkan bahwa acara sidang tahunan MPR dan pembacaan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (14/8/2020) besok dipersingkat waktunya menjadi 2 jam untuk setiap sesi. Dan protokol Covid-19 menjadi pertimbangan utama penyederhanaan acara jelang HUT kemerdekaan ke-75 ini.

“Iya, karena ada protokol Covid, ada penyederhanaan-penyederhanaan beberapa protokol, tetapi saya pikir itu tidak mengurangi makna dari pada acara tersebut,” kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan dk Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Adapun pengamanan, politikus Partai Gerindra ini menjelaskan bahwa pengamanan sebagaimana biasanya melibatkan semua pihak, terutama dari pihak keamaman DPR (Pamdal/pengamanan dalam), pasukan pengamanan presiden (paspampres), serta pengamanan objek vital (obvit) VVIP. Termasuk ada tim dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingat masih situasi pandemi.

Baca Juga: Masuk Ruang Sidang Tahunan MPR-Presiden Wajib Swab Test

“Terutama dari Kementerian Kesehatan juga menurunkan personilnya, karena ini bukan hanya bukan adalah pengamanan fisik saja tetapi juga pengamanan untuk penerapan pendekatan,” terang Dasco.

Soal perbedaan pidato, menurut mantan Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR ini, tida ada yang berbeda karena, semua pidato disampaikan sebagaimana tahun sebelumnya.

“Sepertinya pidato kenegaraan dan apa namanya pidato dari pimpinan DPR, serta ada juga laporan kinerja dari pertanggungjawaban dari lembaga-lembaga tinggi yang lain,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini