Bhabinkamtibmas-Babinsa Ujung Tombak Penegakan Protokol Kesehatan di Daerah

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 13 Agustus 2020 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 337 2261613 bhabinkamtibmas-babinsa-ujung-tombak-penegakan-protokol-kesehatan-di-daerah-28afT4NguU.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Subbid Pam dan Gakkum Satgas Penanganan Covid-19, Kolonel Chk Aloysius Agung menegaskan bahwa Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan ujung tombak penegakan protokol kesehatan di daerah.

Pasalnya, Aloy mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan merupakan sesuatu yang baru bagi masyarakat di daerah.

“Ini kan masih sesuatu yang baru nih, buat kita yang dari kota besar oke, tapi begitu kita ke daerah-daerah dan yang bisa menilai itu adalah peran dari aparat di wilayah dalam hal ini ujung tombaknya adalah Bhabinkamtibmas Babinsa,” katanya dalam diskusi di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Aloy mengatakan Bhabinkamtibmas dan Babinsa bisa memberikan kesadaran untuk disiplin protokol kesehatan melalui kearifan lokal di daerah masing-masing.

“Bahwa peran Bhabinkamtibmas peran Babinsa mereka yang bisa menilai kearifan lokal yang seperti apa yang bisa kita angkat di daerah. Itu yang kita gali, yang akan kita perkuat sehingga masyarakat benar-benar paham apa sih yang 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” katanya.

Aloy mengatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga telah menginstruksikan Babinsa untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat terkait dengan adaptasi kebiasaan baru.

“Perlu kami sampaikan juga bahwa Panglima TNI sedang mengumpulkan Babinsa menyampaikan tugasnya bahwa peran kita di sini adalah memberikan kesadaran kepada masyarakat terkait dengan adaptasi kebiasaan baru,” kata Aloy.

Lalu, bagaimana prosedur keikutsertaan Babinsa dalam hal ini? “Kita membackup bagaimana memberikan personil aparat wilayah baik TNI, Polri beserta Pemda dan jajarannya Satpol PP itu terus kita mengingatkan kearifan lokal,” jelas Aloy.

“Sehingga sasaran kita tujuan kita untuk membiasakan agar kehidupan yang sekarang ini mereka sudah tidak kaget lagi menggunakan masker, tidak kaget lagi cuci tangan dan menjaga jarak. Ini yang kita selalu lakukan agar kembali lagi masyarakat sadar di lapangan,” tambah Aloy.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini