Curhat Buwas saat Hari Pramuka: Masalah Keuangan, Covid-19, hingga RUU Pramuka

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 12 Agustus 2020 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 337 2261208 curhat-buwas-saat-hari-pramuka-masalah-keuangan-covid-19-hingga-ruu-pramuka-7yWmpJbrbC.jpg Foto: Sindonews

JAKARTA – Pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda dunia, termasuk Indonesia berdampak pada perekonomian.

Bahkan, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Budi Waseso (Buwas) pada sambutannya pada Peringatan Hari Pramuka menyampaikan kondisi keuangan Pramuka yang terganggu karena adanya wabah tersebut.

Karena kata dia, keuangan Gerakan Pramuka salah satunya bersumber dari pemanfaatan aset yang dimiliki.

(Baca juga: Pandemi Covid-19, Peringatan Hari Pramuka ke-59 Diadakan Secara Virtual)

“Harus diakui kondisi saat ini juga mempengaruhi kondisi keuangan gerakan Pramuka. Termasuk keuangan kwartir nasional selama ini memanfaatkan aset gerakan Pramuka. Seperti Bumi Perkemahan dan Taman Rekreasi Wiladatika di Cibubur merupakan salah satu sumber pemasukan keuangan Namun kami tetap berusaha untuk terus melanjutkan kegiatan berkesinambungan,” katanya, Rabu (12/8/2020).

Selain masalah keuangan, Buwas juga menyampaikan keinginannya agar Undang-Undang (UU) No.12/ 2010 tentang Gerakan Pramuka direvisi. Dia pun berharap ada dukungan dari Presiden Jokowi terkait rencana usulan revisi tersebut.

“Kami telah menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan upaya perubahan UU No.12/2010 tentang Gerakan Pramuka,"ujarnya.

"Setelah 10 tahun berjalan kami menyadari bahwa perlu adanya perbaikan-perbaikan dalam UU tersebut. Untuk itu kami memohon dukungan dari bapak presiden tentang hal ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, peringatan Hari Pramuka tahun ini digelar secara virtual dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Langkah ini diambil karena menyesuaikan kondisi saat ini yang masih di tengah pandemi Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini