Pengetesan Spesimen Covid-19 Daerah Timpang dengan DKI Jakarta, Ini Penjelasan Satgas

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 11 Agustus 2020 21:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 337 2260706 pengetesan-spesimen-covid-19-daerah-timpang-dengan-dki-jakarta-ini-penjelasan-satgas-fEXnUoUCgt.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Saat ini jumlah kapasitas pengetesan spesimen untuk tracing dalam rangka menemukan kasus di DKI Jakarta sangat tinggi, bahkan melebihi standar dari WHO.

Lalu, bagaimana dengan daerah lain di Indonesia? Pasalnya, jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia, Jakarta juga mencatatkan pengetesan tertinggi.

Menjawab pertanyaan ini, Juru Bicara sekaligus Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, bahwa kemampuan pengetesan per daerah di Indonesia memang berbeda.

“Kita perlu sadari kemampuan daerah memang bervariasi dari daerah satu ke daerah lainnya,” katanya dalam Konferensi Pers virtual di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/8/2020).

 Korban Covid-19

Wiku mengatakan, kemampuan pengetesan spesimen di Jakarta juga didukung oleh laboratorium yang memadai. Bahkan sumber daya manusia di Jakarta dalam proses tracing Covid-19 ini lebih banyak dibandingkan provinsi lain.

“DKI Jakarta kebetulan memiliki kemampuan yang lebih tinggi dari laboratorium, dari SDM-nya untuk melakukan testing dan active case finding, sehingga mereka bisa menemukan kasus lebih banyak, tes lebih banyak, sehingga bisa memenuhi atau melebihi standar dari WHO,” jelas Wiku.

Wiku pun mengatakan, saat ini kemampuan pengetesan di daerah juga semakin ditingkatkan dan dapat meniru Jakarta.

“Hal ini juga sedang dilakukan oleh berbagai daerah di Indonesia. Dan harapannya agar dapat meniru apa yang telah dilakukan di Jakarta,” katanya.

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini