Periksa Mantan Anggota DPRD Banjar, KPK Konfirmasi Aliran Uang ke Pejabat

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 11 Agustus 2020 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 337 2260699 periksa-mantan-anggota-dprd-banjar-kpk-konfirmasi-aliran-uang-ke-pejabat-xkUccd0tcE.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Anggota DPRD Kota Banjar periode 2014-2019, Budi Kusmono, pada hari ini. Budi diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar tahun anggaran 2012 - 2017.

Penyidik mengonfirmasi Budi Kusmono ihwal adanya dugaan aliran uang yang mengalir ke sejumlah pejabat Kota Banjar. Uang itu diduga berkaitan dengan proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar tahun anggaran 2012 - 2017.

"Saksi Budi Kusmono, Penyidik mengkonfirmasi keterangan saksi mengenai dugaan adanya aliran dana ke beberapa pejabat Kota Banjar," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Selasa (11/3/2020).

Selain Budi Kusmono, penyidik juga memeriksa Kepala Inspektorat Kota Banjar, Odat Sudrajat dan Direktur Operasional PT Pribadi Manunggal, Guntur Rachmadi. Keduanya diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi.

 Korupsi

Terhadap Odat, KPK menggali kesaksiannya soal proyek-proyek di Dinas PU Kota Banjat periode 2008 - 2013. Sementara Guntur Rachmadi, diperiksa terkait aktivitas perusahaannya.

"Saksi Ojat Sudrajat, Penyidik masih mendalami keterangan saksi terkait proyek-proyek di Dinas PU periode 2008-2013. Saksi Guntur Rahchmadi, Penyidik menggali pengetahuan saksi mengenai kegiatan usaha yang dilakukan oleh saksi," bebernya.

Sekadar informasi, KPK memang sedang melakukan penyidikan kasus dugaan korupsi terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada dinas PUPR Kota Banjar tahun 2012-2017. Namun memang, KPK belum mengumumkan secara detail rincian kasus serta tersangka dalam kasus ini.

Saat ini, penyidik masih melakukan tahap pengumpulan alat bukti yang diantaranya memeriksa saksi dan melakukan kegiatan penggeledahan di beberapa tempat di Kota Banjar. Salah satu lokasi yang telah digeledah yakni pendopo Wali Kota Banjar.

"Keterangan selengkapnya sudah tertuang dalam BAP saksi dan nantinya akan di sampaikan dalam persidangan yang terbuka untuk umum. Dalam kasus ini, penyidik KPK masih terus mengumpulkan bukti-bukti dengan akan masih memeriksa sejumlah saksi lain," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini