Antisipasi Ancaman Senjata Biologis, Koopsus TNI Gelar Latihan Penanggulangan Teror

Riezky Maulana, iNews · Selasa 11 Agustus 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 337 2260512 antisipasi-ancaman-senjata-biologis-koopsus-tni-gelar-latihan-penanggulangan-teror-WP1FZ7RxIY.jpg Foto: Puspen TNI

JAKARTA - Komando Operasi Khusus (Koopsus) TNI menggelar Latihan Penanggulangan Terorisme Tahun 2020 di PT Indonesia Power Provinsi Banten.

Latihan ini melibatkan Satuan Penanggulangan Terorisme TNI (Satgultor TNI) yang terdiri dari Sat-81 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, Detasemen Jalamangkara (Denjaka) TNI AL dan Satbravo-90 Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU.

Koopssus TNI dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi TNI.

(Baca juga: Mayjen Richard Tampubolon, Anak Wartawan Pemimpin Pasukan Elite 3 Matra)

Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan (Kabidpenum Puspen) TNI Letkol TNI Sus Aidil mengatakan, latihan tersebut dilaksanakan dalam dua tahap, yakni geladi posko dan lapangan. Menurutnya, geladi posko dilaksanakan selama dua hari, sejak tanggal 5 hingga 6 Agustus 2020 bertempat di Mako Koopssus TNI, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

"Sementara tahap kedua yaitu geladi lapangan tanggal 10-11 Agustus 2020 di Dermaga Pelabuhan Indah Kiat Cilegon, Banten," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Latihan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Komando Operasi Khusus (Dankopssus) TNI Mayjen TNI Richard Tampubolon yang juga bertugas sebagai Direktur Latihan.

"Tema dari latihan ini adalah Satgultor TNI Melaksanakan Penanggulangan Aksi Terorisme Dalam Masa Pandemi Covid-19 Untuk Lumpuhkan Dan Hancurkan Kelompok Teroris Guna Memelihara Stabilitas Keamanan di Wilayah DKI Jakarta, Banten Dan Sekitarnya Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI," tandasnya.

Sementara itu, Danoopssus TNI Mayjen TNI Richard Tampubolon mengatakan, Latihan Penanggulangan Terorisme Satgultor TNI pada tahun ini bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan Satgultor TNI.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini