Wapres Tegaskan Semua Instansi Wajib Sederhanakan Birokrasi

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 11 Agustus 2020 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 337 2260469 wapres-tegaskan-semua-instansi-wajib-sederhanakan-birokrasi-YgDtCqH7L1.jpg Wapres KH Maruf Amin (Foto : BPMI)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan semua instansi pemerintah harus melaksanakan penyederhanaan birokrasi. Seperti diketahui saat ini pemerintah tengah melakukan proses penyederhanaan birokrasi dengan memangkas jabatan struktural eselon III, IV dan V.

“Saya menekankan bahwa penyederhanaan birokrasi harus dilaksanakan oleh semua instansi Pemerintah Pusat dan Daerah. Segera lakukan dengan tetap memperhatikan pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi,” katanya saat membuka rapat koordinasi penyederhanaan birokrasi secara virtual, Selasa (11/8/2020).

Ma'ruf mengatakan sebagaimana instruksi presiden bahwa pemangkasan dilakukan untuk mempercepat proses pengambilan keputusan yang berkualitas.

“Jalur birokrasi dipersingkat dengan pemangkasan hirarki dan level eselonisasi pejabat struktural menjadi dua level saja. Dan mengganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan kompetensi,” ungkapnya.

Dia juga meminta agar proses pemangkasan tidak merugikan PNS. “Pastikan pengalihan jabatan tidak merugikan penghasilan dan keberlangsungan karir pejabat yang terdampak,” tuturnya.

Baca Juga : Di Depan Jokowi, Puluhan Relawan Disuntik Vaksin Covid-19

Baca Juga : Pantau Iklan Politik Pilkada 2020, Bawaslu Gandeng Facebook

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa proses pemangkasan kurang lebih telah mencapai 68%. Di mana ditargetkan tuntas pada akhir Desember 2020.

“Sebagaimana arahan bapak wapres Desember 2019 bapak mengambil keputusan reformasi birokrasi berupa penyederhanaan ini diharapkan selesai Desember 2020,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini