Gibran dan Bobby Maju, Menteri Tjahjo: Jokowi Tak Terlibat dalam Pilkada

Dita Angga R, Sindonews · Senin 10 Agustus 2020 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 337 2259757 gibran-dan-bobby-maju-menteri-tjahjo-jokowi-tak-terlibat-dalam-pilkada-XowdJmskMy.jpg foto: Okezone

JAKARTA – Dua anggota keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Afif Nasution akan maju dalam Pilkada Serentak 2020 mendatang. Gibran akan maju dalam Pilkada Solo sedangkan Bobby akan bertarung di Pilkada Medan 2020.

(Baca juga: Jokowi Curhat Sulitnya Berkumpul dengan Keluarga)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo memastikan, bahwa baik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin tidak akan terlibat dalam aktivitas pilkada 2020. Hal ini sebagai upaya keduanya menunjukan netralitas dalam pilkada.

“Saya yakin Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin tidak akan terlibat dalam proses aktivitas pilkada,” ujarnya dalam sebuah diskusi webinar di Jakarta, Senin (10/8/2020).

(Baca juga: Presiden Jokowi Tak Pulang Kampung hingga Pilkada Solo Selesai)

Bahkan, politikus senior PDIP itu yakin bahwa Presiden Jokowi tidak akan pulang kampung ke Solo hingga Pilkada 2020 selesai.

“Pak Jokowi juga mungkin mulai hari ini sampai selesainya Pilkada beliau tidak pulang ke Solo. Misalnya di Jakarta saja. Ini menunjukkan netralitasnya,” sambungnya.

Menurutnya, proses rekrutmen kepala negara, gubernur, bupati dan wali kota melewati proses politik. Namun dia mengatakan bahwa Jokowi menginginkan netralitas ASN tetap dijaga dalam proses politik itu.

“Yang diinginkan pak presiden siapapun yang terpilih dan bersaing di pilpres maupun pilkada, profesionalisme ASN harus dijaga dengan baik,” pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini