Bertambah 32, Perwira Secapa AD yang Donor Plasma Darah Jadi 81 Orang

Riezky Maulana, iNews · Senin 10 Agustus 2020 09:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 337 2259592 bertambah-32-perwira-secapa-ad-yang-donor-plasma-darah-jadi-81-orang-W8Qe842Ufg.jpg Sebanyak 32 perwira Secapa AD yang sembuh dari corona menjalani donar plasma di RSPAD Gatot Soebroto. (Foto : Ist)

JAKARTA – TNI AD kembali memperbarui jumlah perwira lulusan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) yang sembuh dari virus corona (Covid-19) dan mendonorkan darahnya untuk perkembangan pemanfaatan plasma konvalesen (plasma darah). Pada hari ini, perwira yang mendonorkan darahnya bertambah sebanyak 32 orang.

Data itu disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin 10 Agustus 2020.

"Pagi ini Senin 10 Agustus ada 32 perwira mantan Secapa AD lagi yang mendonorkan plasma darahnya," tutur Nefra.

Penambahan itu, Nefra melanjutkan, membuat total para perwira yang telah mendonorkan darahnya untuk terapi alternatif penyembuhan pasien Covid-19 ini menjadi 81 orang. Sebelumnya, pasien dari Secapa AD yang terkonfirmasi positif mencapai jumlah 1.308 orang.

"Total mantan perwira Secapa AD pendonor terapi plasma convalesence sampai hari ini berjumlah 81 orang," ucapnya.

Baca Juga : Satgas Ungkap 5 Provinsi dengan Kasus Positif Covid-19 Tertinggi

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa memastikan RSPAD Gatot Soebroto, merupakan rumah sakit pertama yang sudah melalukan terapi plasma konvalesen atau terapi plasma darah ke pasien Covid-19 atau virus corona.

"RSPAD merupakan rumah sakit pertama yang melakukan penelitian terhadap eksperimen plasma convalescent terhadap pasien Covid-19," kata Andika dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/5/2020).

Baca Juga : Cegah Kerumunan, KCI Atur Antrean Penumpang di JPM Tanah Abang

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini