Bersepeda 18.000 Km dalam 2,5 Tahun, Pria Jakarta Ini Telah Lewati 30 Provinsi

Syukri Syarifuddin, iNews · Minggu 09 Agustus 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 337 2259347 bersepeda-18-000-km-dalam-2-5-tahun-pria-jakarta-ini-telah-lewati-30-provinsi-INdxHJ1dnm.jpg Muhammad Maahir Abdullah. Foto: iNews

JAKARTA - Demi membuat suatu literasi dan membangun taman baca, seorang pemuda asal Jakarta, Muhammad Maahir Abdullah (25), nekat melakukan jelajah nusantara dengan menggunakan sepeda. Dalam perjalanannya selama 2,5 tahun , ia telah melewati 30 provinsi dan mendaki 6 puncak gunung.

Muhammad Maahir Abdullah kini sudah tiba di Halaman Mesjid Raya Bairurahman, Provinsi Aceh. Aksi heroiknya untuk melihat Indonesia dari dekat sudah ia lakoni sejak 11 Maret 2018 silam dengan start dari halaman Markas PMI di Jakarta Selatan.

“Perjalanan ini sudah menimpa waktu 2,5 tahun kurang tiga hari dari Jakarta, dengan jarak 18.000 Km lebih,” ujarnya pada Minggu (9/8/2020).

Dalam bersepeda menjelajah Indonesia, pemuda lajang tersebut kini tinggal melanjutkan perjalanan ke 4 provinsi lagi, yaitu Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, serta Banten sebelum kembali ke Jakarta .

Muhammad Maahir Abdullah (kanan).  

Perjalanan yang ia lakoni ini termasuk luar biasa karena dilakukan seorang diri, dan dalam aksinya, Muhammad mengusung berbabagi misi. Di antaranya melakukan kampanye sehat dengan bersepeda, mengurangi polusi, serta membangun taman baca. Dan di akhir perjalannya ia akan membuat buku untuk dijadikakan literasi bagi penjelajah lain nantinya.

Untuk ekspedisinya di Provinsi Aceh, Muhammad Maahir Abdullah telah mengunjungi sejumlah wilayah, di antaranya Nol Kilometer Indonesia yang terletak di Kota Sabang, kemudian Mesjid Raya Baiturahman di Banda Aceh.

Pada awalnya Ekpedisi Jelajah Nusantara dengan bersepeda ditargetkan finish pada Maret 2020 tersebut, namun terpaksa molor dari target karena sedang terjadi pandemi virus corona (Covid-19).

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini