Pakar Satgas Covid-19 Jelaskan Pentingnya Cek Suhu Tubuh saat Pandemi

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 07 Agustus 2020 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 337 2258777 pakar-satgas-covid-19-jelaskan-pentingnya-cek-suhu-tubuh-saat-pandemi-Fre4PPqKh1.jpg Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19, Sheila Rachmayanti. (tangkapan layar)

JAKARTA – Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, dr Shela Rachmayanti menjelaskan pentingnya mengukur suhu tubuh ketika pandemi virus corona (Covid-19).

“Kenapa sih penting banget mengukur suhu di masa pandemi Covid-19 ini? Pertama jawabannya adalah karena salah satu gejala dari infeksi Covid-19 adalah peningkatan suhu tubuh atau demam. Kedua batuk kering, kemudian sesak napas atau sampai ada yang menyatakan rasa lemah, kemudian nyeri sendi dan sebagainya sehingga diare,” kata Shela dalam diskusi di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Shela menyebutkan gejala-gejala dari infeksi Covid-19 tersebut paling mudah dilihat yakni menggunakan suhu tubuh. Selain itu, dengan mengukur suhu tubuh sebagai salah satu penapisan (pendeteksian) terutama saat masuk tempat umum.

“Dari segala gejala yang paling mudah untuk dilihat dan yang paling mudah untuk kita ukur adalah suhu tubuh. Nah itu suhu tubuh penting untuk diukur sebagai salah satu penapisan pada setiap kondisi terutama saat masuk ke tempat umum,” kata Shela.

Shela menyatakan suhu tubuh normal manusia itu biasanya di sekitar kisaran 36,5 derajat sampai 37,5 derajat celcius. “Lebih dari itu kita perlu waspada nih terhadap peningkatan suhu tubuh,” katanya.

Lalu, Shela menjelaskan alasan suhu tubuh bisa meningkat. Ia mengatakan pertama penyebabnya bisa akibat dari peningkatan metabolisme. Sehingga dengan pengukuran suhu tubuh bisa mencegah potensi penularan Covid-19.

Baca Juga : Di Hadapan Mendagri, Khofifah Pamer Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Jatim

Shela mengatakan, peningkatan metabolisme ini banyak sekali penyebabnya. Salah satunya adalah kondisi radang. “Dan kita tahu bahwa Covid-19 itu kita tahu merupakan sebuah infeksi, jadi bisa kebayang kan kenapa bisa terjadi peningkatan suhu tubuh,” katanya.

Baca Juga : Penjelasan Dinkes DKI soal Melonjaknya Kasus Covid-19

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini